Cuaca Ekstrim, Ditjen Hubla Himbau Semua Pihak Waspada

31

30 Januari 2018 — Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan RI menghimbau kepada semua pihak agar mewaspadai bahaya cuaca ekstrim dalam tujuh hari ke depan. Hal itu disampaikan melalui maklumat, yang diposting melalui akun Instagram resmi milik Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan RI @djplkemenhub151.

Dalam maklumat tersebut, semua pihak diminta untuk meningkatkan pengawasan terhadap keselamatan pelayaran, serta mengantisipasi kecelakaan akibat cuaca ekstrim yang terjadi akhir-akhir ini. Maklumat tersebut juga memerintahkan kepada seluruh jajaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut di seluruh Indonesia, agar tetap mewaspadai adanya cuaca ekstrim dan gelombang tinggi yang terjadi mulai 28 Januari hingga 3 Februari 2018.

“Cuaca ekstrim dengan tinggi gelombang 4.0 sampai dengan 6.0 meter dan hujan lebat akan terjadi di perairan Selatan Jawa Tengah dan Jawa Timur, Samudera Hindia Selatan Jawa Tengah, Selat Bali Bagian Selatan, Selat Bandung, Perairan Selat Sumbawa, Samudera Hindia Selatan NTT, Perairan Selatan Kupang-Pulau Rote, Laut Timor Selatan NTT, Perairan Kepulauan Babar, Perairan Kepulauan Sermata, Laut Arafuru.”

Disebutkan, sedangkan tinggi gelombang antara 6.0 sampai dengan 7.0 meter akan terjadi di Samudera Hindia Selatan Jawa Timur, Samudera Hindia Selatan Bali dan NTB.

Dalam postingan tersebut juga dikatakan bahwa saat kondisi cuaca membahayakan keselamatan kapal, Syahbandar harus menunda pemberian Surat Persetujuan Berlayar (SPB) sampai kondisi cuaca di sepanjang perairan yang akan dilayari benar-benar aman.

Seluruh Kepala Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) dan Kepala Distrik Navigasi juga diharuskan menyiagakan kapal patroli atau kapal perambuan dan segera memberikan pertolongan jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan kapal.

“Dengan adanya maklumat pelayaran ini, diharapkan seluruh jajaran Ditjen Hubla khususnya para petugas di lapangan dapat lebih meningkatkan pengawasan terhadap keselamatan pelayaran, serta mengantisipasi kecelakaan akibat cuaca ekstrim.”

Source Cuaca Ekstrim, Ditjen Hubla Himbau Semua Pihak Waspada

Leave A Reply

Your email address will not be published.