CeritaSMN Samgar Wendyson Naralyawan: Termotivasi untuk Bisa Belajar dengan Bahasa Asing

39

25 Januari 2016

Cerita peserta Program Siswa Mengenal Nusantara yang membawa pelajar-pelajar terpilih dari Maluku untuk menjelajahi Kalimantan Selatan. Berikut dikisahkan oleh Samgar Wendyson Naralyawan dari SMK  Negeri  1 Tanimbar Selatan. Selama saya berada di Kalimantan Selatan, sangat banyak kesan yang saya dapat. Di antaranya yaitu pengalaman mulai dari museum, kampung Inggris, SMA Banua, Loksado, Menara Siring, Pakantang, Suku Dayak, pasar terapung, pembuatan dodol, hingga ketupat kandangan. Tempat-tempat itulah yang paling berkesan dalam hidup saya.

Kemudian ada juga pengalaman yang penting untuk masa depan, yaitu saat saya mengunjungi SMA Banua Kalimantan Selatan yang mutu pendidikannya sangat menonjol. Pada saat pertama saya melihat, cara pembelajaraannya sangat luar biasa. Misalnya belajar matematika saja mereka memakai bahasa asing selama proses belajar. Saya menjadi termotivasi untuk bisa merasakan proses belajar mengajar dengan bahasa asing. Semoga pada suatu waktu di masa depan, saya bisa.

Kedua yaitu pada waktu saya berada di Kecamatan Loksado. Di Sungai Amandit yang alamnya begitu indah, jujur saya sangat tertarik dengan keindahan wisatanya. Karena airnya yang begitu jernih, gunungnya yang begitu tinggi, dan bebatuan yang sangat indah terlihatnya. Kemudian yang membuat saya tidak lupa, yaitu pada waktu saya bermain bambu rafting. Banyak sekali keseruan yang saya temukan pada kegiatan tersebut..

Saya sangat berterima kasih kapada Menteri BUMN yang telah menggagas “Program Siswa Mengenal Nusantara”. Saya juga mau menyampaikan kepada Menteri BUMN, bahwa jangan sebatas ini saja membuat program ini. Tetapi pada setiap tahun perlu dibuat, supaya generasi muda bangsa Indonesia dapat mengenal Nusantara negeri tercinta ini, INDONESIA manise.

Source CeritaSMN Samgar Wendyson Naralyawan: Termotivasi untuk Bisa Belajar dengan Bahasa Asing

Leave A Reply

Your email address will not be published.