Cerita SMN Gansel Taniwel: Pengalaman Tak Terlupakan di Pelabuhan Banjarmasin

29

25 Januari 2016

Cerita peserta Program Siswa Mengenal Nusantara yang membawa pelajar-pelajar terpilih dari Maluku untuk menjelajahi Kalimantan Selatan. Berikut dikisahkan oleh Gansel Taniwel dari SMK Negeri 4 Ambon. Puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena begitu besar rahmat-Nya, kami delegasi Maluku dalam Progam Siswa Mengenal Nusantara (SMN) bisa ada bersama-sama pada tersebut dan begitu berkesan ketika kami berada di Kalimantan Selatan. Mulai dari kami datang hingga hari kami harus kembali, begitu luar biasa.

Karena kami bisa lebih mengenal budaya yang ada di Kalimantan Selatan, ada berapa hal yang benar-benar berkesan untuk saya yaitu ketika kami berkunjung ke SMA Banua Kalsel. Karena di situ kami mendapat banyak teman, biar pun hanya beberapa jam saja. Kami diberi tahu sistem pendikan di sana, SMA Benua menggunakan Bahasa Turki sebagai pelajaran tambahan di sana. Pengalaman berkesan lain yakni, ketika kami ke Loksado. Di situ, kami bermain bambu rafting yang tidak ada di Maluku. Saking begitu menyenangkannya, kami semua tertawa lepas bersama-sama selama kegiatan tersebut.

Selain mengunjungi tempat-tampat tersebut, kami juga berkesempatan mengunjungi tempat yang tidak bisa dimasuki oleh sembarangan orang, yaitu PLTA Ir. PM Noor, PLTD Trisakti, dan juga Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Di Pelabuhan Trisakti yang dikelola Pelindo III inilah yang betul tidak akan saya lupakan, karena kami diajak menaiki crane dengan pengawalan sehingga merasa aman. Dari atas alat pengangkut peti kemas yang tinggi sekali itu, kami bisa melihat kasawan sekitar lingkungan pelabuhan dengan jelasnya, benar-benar luar bisa, dan tidak akan saya lupakan.

Akhir kata saya ucapkan banyak-banyak terima kasih untuk BUMN khususnya PT PLN dan PT Pelindo III atas apa yang telah diberikan untuk kami selama berada di Kalimantan Selatan. Kami juga mohon maaf jika ada kesalahan yang kami perbuat selama ini. Harapan saya untuk Progam SMN ini ke depannya agar dilanjutkan kembali supaya adik-adik kita pun bisa merasakan pengalaman berharga ini. Dangke Banya for BUMN (Terima kasih banyak untuk BUMN). Dangke Banya for PLN deng Pelindo III (Terima kasih banyak untuk PLN dan Pelindo III).

Source Cerita SMN Gansel Taniwel: Pengalaman Tak Terlupakan di Pelabuhan Banjarmasin

Leave A Reply

Your email address will not be published.