Cara Menghadapi Phobia

5

Jumat, 27 Maret 2015 | Dari tulisan sebelumnya (Lima Phobia Aneh di Sekitar Kita), terdapat beberapa cara untuk menghadapi phobia. Ada anggapan yang salah di masyarakat bahwa phobia bukan penyakit sehingga tidak bisa disembuhkan. Bagi beberapa masyarakat umum penderita phobia justru menjadi bahan lucu-lucuan, padahal bagi penderita sendiri phobia adalah hal yang menyiksa. Berikut adalah beberapa teknik penyembuhan untuk phobia :

Hypnotherapy

Proses penyembuhan phobia dengan cara pemberian sugesti-sugesti dari hipnoterapis kepada penderita untuk menghilangkan ketakutannya terhadap suatu objek atau keadaan tertentu.

Desentiasi sistematis

Sama seperti Hypnotherapy, namun bukan dengan memberikan sugesti tapi membuat penderita membayangkan suasana yang indah dan nyaman, setelah itu didatangkan sebuah obyek atau suatu keadaan yang diatkutinya.

Abreaksi

Proses penyembuhan phobia dengan cara pendekatan, mulai dengan foto atau gambar yang ditakutinya. Kemudia diperlihatkan foto atau gambar tersebut dari kejauhan dan perlahan lahan seolah mendekat.

Flooding

Proses penyembuhan phobia dengan cara menempatkan penderita dengan objek yang ditakutinya sampai dia tidak lagi merasakan ketakutan terhadap objek tersebut.

Reframing

Proses penyembuhan phobia dengan cara membuat penderita membayangkan masa lalunya, awal dia mengalami phobia, sampai akhirnya dia ceritakan semua penyebab phobia kepada si psikolog, sehingga psikolog bisa membelokkan cerita tersebut sehingga penderita phobia bisa tidak takut lagi.

Obat-obatan

Mengobati phobia denga obat-obatan kimia. Cara ini tidak disarankan karena berdampak pada kondisi fisik. Biasanya para penderita melakukan terapi dengan obat beberapa kali, namun setelah itu ada efek samping akibat obat tersebut seperti rasa cemas, tidak bisa tidur, dan lain sebagainya.

Source Cara Menghadapi Phobia

Leave A Reply

Your email address will not be published.