BUMN RI Bantu Timur Leste Awasi Kebijakan Keamanan Pangan

54

09 Agustus 2017 — Badan Usaha Milik Negara di bidang jasa insepksi dan pengawasan, PT Superintending Company of Indonesia (Sucofindo) memperluas kerjasama dengan Pemerintah Timur Leste. Sucofindo dipercayakan untuk melakukan pengawasan kebijakan keamanan pangan terkait perdagangan dan membantu peningkatan kapasitas kelembagaan dan aparatur negara tersebut.

Direktur Komersial II SUCOFINDO Sufrin Hannan mengatakan, kerja sama antara pihaknya dengan Lembaga Pengawas Ekonomi, Sanitasi dan Bahan Pangan (AIFAESA, I.P) Timur Leste, antara lain meliputi pengembangan sistem laboratorium untuk mendukung kebijakan program perlindungan konsumen di Timor Leste. Selain itu, Sucofindo juga akan mendampingi dalam perumusan dan analisis kebijakan nasional, khususnya untuk penyelenggaraan sistem perlindungan komoditi perdagangan berbasis pangan.

Pihaknya menurut Sufrin, juga akan melakukan pendampingan pelaksanaan kebijakan tertentu, khususnya dalam pemenuhan spesifikasi, ketentuan mutu dan keamanan pangan. Pemerintah Timor Leste juga mempercayakan SUCOFINDO untuk melakukan pendampingan dan bimbingan teknis dalam rangka peningkatan kapasitas aparatur dalam mendukung operasional laboratorium sesuai dengan standar.

“Sebagai lembaga inspeksi, pengujian, dan sertifikasi yang telah beroperasi 60 tahun, kami siap mendukung impelentasi kebijakan pemerintah setempat dengan jasa pemastian.” ujar Sufrin, dalam keterangan resmi, Selasa (8/8)

Selain berperan dalam pemastian keamanan pangan, Sucofindo juga akan melakukan melakukan pengembangan sistem informasi yang kredibel dan transparan guna meningkatkantata kelola yang baik (good governance) pemerintah Timor Leste.

Direktur AIFAESA, I.P Timor Leste Abílio Oliveira Sereno mengaku, pihaknya membutuhkan dukungan perusahaan pemastian yang professional dan independen. Ia pun menilai, Sucofindo memiliki kapabilitas lembaga guna memperkuat perannya sebagai lembaga perlindungan konsumen. Selain itu, SUCOFINDO juga telah memiliki kantor cabang luar negeri di Timor Leste yang akan memudahkan dalam pelaksanaannya.

Kerja sama dengan Timur Leste sendiri telah dilakukan Sucofindo dengan Kementerian Perdagangan, Industri, dan Lingkungan Hidup (MCIA) dan Kementerian Pariwisata, Komesial Dan Industri (MTCI) Timor Leste sejak 2008 lalu. Kerja sama tersebut meliputi pembangunan sistem jaringan dan penerbitan certificate of origin untuk komoditi kopi.

Source BUMN RI Bantu Timur Leste Awasi Kebijakan Keamanan Pangan

Leave A Reply

Your email address will not be published.