BUMN Hadir Untuk Negeri, SUCOFINDO bantu masyarakat Bangka Belitung

125

19 Juli 2017 — Sebagai komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menumbuhkan dan memupuk rasa kebanggaan berbangsa dan bertanah air Indonesia kepada seluruh masyarakat di seluruh pelosok negeri, dalam kiprah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Hadir Untuk Negeri, PT Sucofindo (Persero) dan Perum Jamkrindo, bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung menyelenggarakan beberapa kegiatan Siswa Mengenal Nusantara, upacara bendera, jalan sehat, bedah rumah veteran.

Pelaksanaan kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI Tahun 2017 yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan difasilitasi oleh seluruh BUMN yang memilliki wilayah kerja di 34 provinsi seluruh Indonesia, dan juga didukung oleh Pemerintah daerah, khususnya Dinas Pendidikan dan kebudayaan Provinsi Bangka Belitung, juga menjadi bagian dalam “membangun pemahaman para pemangku kepentingan (stakeholders)” mengenai peran BUMN sebagai agen pembangunan (agen of development) untuk turut serta “membangun kapasitas nasional (national capacity building).

“Program BUMN Hadir Untuk Negeri ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa kebanggaan bagi putra-putri bangsa sehingga kedepannya Indonesia mampu tegak berdiri sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan keragaman budaya, bahasa daerah dan suku bangsa, serta memberikan wujud nyata peran Sucofindo sebagai perusahaan BUMN di masyarakat.” Disampaikan oleh Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis, Beni Agus Permana. Selasa (18/7).

Pogram BUMN hadir untuk negeri ini dimana puncak pelaksanaanya pada peringatan HUT kemerdekaan RI ke 72 secara rutin telah dilaksakan oleh perusahaan BUMN sejak tahun 2015, adalah untuk menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keberagaman kekayaan nusantara serta sebagai wujud nyata peran BUMN di masyarakat. Jelas Beni. Lebih lanjut Beni menjelaskan “Para peserta maupun pemangku kepentingan di harapkan akan memiliki pandangan yang baik tentang kementerian BUMN dan seluruh BUMN Indonesia, yang telah berperan dalam meningkatkan kesejahteraan bangsa, melalui kerja nyata yang berdampak secara langsung”.

Perusahaan BUMN Pelaksana dapat melakukan kordinasi dengan dinas terkait diprovinsi seperti dalam kegiatan bedah rumah yang telah berjalan pelaksanaanya sejak bulan Januari dan akan belangsung sampai bulan Desember 2017 dengan melakukan bedah rumah terhadap 13 rumah kepala keluarga para veteran diberbagai wilyah seperti di kelurahan taman sari dan kelurahan kampung asem, pangkal pinang, kel sri menanti, sungai liat kabupaten Bangka, kecamatan koba dan kec PKP Balam.

Untuk program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) tahun ini, Beni berharap “Agar para siswa dapat memanfaatkan sebaik-baiknya kesempatan yang sangat berharga ini”. Sucofindo dan Jamkrindo bekerja sama dengan Pemda setempat khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bangka Belitung memberangkatkan 20 pelajar ke Provinsi Jawa Barat Belitung, pada hari yang sama Provinsi Bangka Belitung juga menerima kedatangan 25 pelajar dari Jawa Barat.

Dengan berbagai kegiatan seperti kunjungan ke berbagai sekolah dan perusahaan BUMN, pengenalan seni budaya antar siswa dan daerah-daerah wisata, kunjungan pada sentra industri UKM dan perusahaan tambang timah, pengenalan pengetahuan kewirausahaan dan proses bisnis dari BUMN penyelenggara sehingga dapat mengetahui peran serta perusahaan BUMN dalam membangun bangsa. Urai Beni

Eka Abdullah Kepala Unit PKBL Sucofindo menambahkan, “Program SMN ini bertujuan antara lain memperkenalkan budaya Indonesia dan menumbuhkan rasa cinta tanah air bagi generasi muda, selain itu mereka juga mengenal peran Sucofindo sebagai perusahaan yang bergerak bidang jasa inspeksi, pengujian, verifikasi, sertifikasi, konsultasi dan pelatihan dalam mendukung kebijakan pemerintah, dalam kegiatan pengawasan perdagangan, industri dan kepentingan bisnis lainnya”.

“Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah melakukan seleksi terhadap 35 siswa berprestasi tingkat SMA dan SMK dari tujuh kabupaten dan kota di Provinsi tersebut dan telah terpilih 20 orang siswa, termasuk 2 orang siswa penyandang disabilitas”. Jelas Eka. Peserta yang terpilih akan berkunjung ke Provinsi Jawa Barat, dan pada saat yang bersamaan kami juga menerima pelajar terpilih dari, Jawa Barat yang berkunjung ke Bangka Belitung.

Sedangkan untuk pelaksanaan jalan sehat kita juga melibatkan pegawai BUMN, pegawai dinas provinsi, pelajar serta masyarakat dengan lokasi di alun-alun taman serta pelaksanaan upacara bendera yang berlangsung di dilapangan pusdiklat PT Timah Pomali.

Sucofindo Pangkalpinang yang merupakan Unit Pelayanan Operasi (UPO), berada dibawah koordinasi Sucofindo Cabang Palembang, melayani jasa inspeksi, sertifikasi dan pengujian pada sektor Migas dan Hulu Migas, Kemaritiman, Transportasi dan Infrastruktur; Mineral; Batubara; layanan untuk Komoditi Sarana Perdagangan (Agri, Inco, Fumigasi & Higine Industri); layanan Laboratorium (Kimia Umum dan Produk konsumen, Lingkungan, Minyak dan Gas, Pengujian Teknik dan Mekanik, Provision dan Setup Laboratorium).

Saat ini UPO Sucofindo Pangkalpinang banyak melayani Industri Pertambangan dan Migas, Perkebunan dan Industri Sawit Kelapa Sawit dan turunannya. Sucofindo juga memiliki Laboratorium yang melayani pengujian Mineral (Logam Timah batangan) dan CPO (turunannya), serta juga melayani untuk verifikasi smelter dan sertifikasi Sistem Manajemen Pengamanan untuk berbagai objek vital nasional

Source BUMN Hadir Untuk Negeri, SUCOFINDO bantu masyarakat Bangka Belitung

Leave A Reply

Your email address will not be published.