BUMN Hadir untuk Negeri, Pelindo IV Kirim 23 SMN dari Maluku Utara ke Jambi

127

12 Agustus 2018 | PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) kembali mengirimkan sebanyak 23 orang siswa asal Maluku Utara untuk mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara ke Provinsi Jambi.

Direktur SDM dan Umum PT Pelindo IV, M. Asyhari mengatakan program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018 adalah program yang digagas Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang bertajuk BUMN Hadir untuk Negeri.

“Melalui Siswa Mengenal Nusantara, Kementerian BUMN berharap peserta atau siswa yang mengikuti program ini bisa tumbuh menjadi sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan bermanfaat bagi bangsa,” jelas Asyhari saat melepas 23 siswa asal Maluku Utara yang akan berangkat ke Jambi.

Menurutnya, lewat program yang sudah digagas sejak 2015 ini, akan mengajarkan peserta untuk lebih mengenal budaya Nusantara dan kiprah BUMN dalam membangun negeri.

Asyhari menyebutkan, tujuan program SMN ini adalah untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada 20 orang siswa SMA/SMK dan tiga orang siswa Sekolah Luar Biasa (SLB). “Keragaman kekayaan Nusantara dan potensi daerah diperkenalkan melalui interaksi langsung siswa dengan komponen Pemerintahan dan masyarakat di provinsi yang dikunjungi.”

Setiap siswa yang dikirim untuk mengikuti program ini diharapkan saling mengenal keanekaragaman budaya maupun kekayaan alam provinsi lain, melalui sistem seleksi berdasarkan kriteria (persyaratan) yang telah ditetapkan.

Program ini sangat bermanfaat untuk meningkatan pengetahuan para siswa, terutama untuk saling mengenal kebudayaan satu sama lain. Berbagai pelajaran dan pengalaman yang didapat dari program SMN ini bisa menjadi bekal untuk menjadikan para siswa sebagai SDM yang berkualitas demi bisa membangun Indonesia.

Selama dikirim ke provinsi tujuan, para peserta akan tinggal bersama keluarga angkat yang merupakan warga asli daerah tersebut. Para peserta akan memperoleh materi seperti wawasan sosial budaya, pendidikan, entrepreneurship, BUMN dan Nusantara.

Peserta program SMN adalah para pelajar terpilih yang telah melewati serangkaian proses seleksi, terkait prestasi akademik dan/atau non akademik, aktif sebagai pengurus organisasi, dan berasal dari keluarga yang kurang mampu. Untuk menciptakan kesempatan bagi seluruh pelajar tanpa terkecuali, program ini juga mengikutsertakan peserta difabel.

Source BUMN Hadir untuk Negeri, Pelindo IV Kirim 23 SMN dari Maluku Utara ke Jambi

Leave A Reply

Your email address will not be published.