BUMN Hadir untuk Negeri, Pelindo IV Gelar Jalan Sehat 5 Km di Ternate

115

19 Agustus 2018 | Sebanyak 1.000 orang peserta mengikuti Jalan Sehat 5 Km dan Senam Bersama yang digelar PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) dalam rangkaian kegiatan bertajuk “BUMN Hadir untuk Negeri” di Ternate, Maluku Utara, Minggu (19 Agustus 2018).

Deputy Vice President of Partnership and Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pelindo IV, Marwah mengatakan Jalan Sehat 5 Km yang digelar pada hari ini , bertujuan untuk memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73, sekaligus untuk menumbuhkan rasa kebersamaan, khususnya di antara para peserta.

“Selain “Jalan Sehat 5 Km” ini, pada hari ini kami juga menyelenggarakan berbagai kegiatan, yaitu Kuliner Gratis, Pameran Produk Mitra Binaan BUMN, Lomba dan Pemberian Doorprize serta Pengobatan Gratis,” jelas Marwah.

Menurutnya, Kuliner Gratis yang disediakan dapat dinikmati oleh masyarakat luas, baik peserta Jalan Sehat 5 Km maupun masyarakat umum lainnya. “Kuliner Gratis disediakan oleh mitra binaan BUMN maupun pedagang daerah setempat, dengan menu makanan diutamakan makanan khas lokal.”

Salah satu tujuan Kuliner Gratis, untuk dapat memperkenalkan dan membantu meningkatkan pemasaran produk-produk makanan masyarakat setempat. Dalam jangka panjang, diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Selain Kuliner Gratis, juga ada kegiatan Pasar Murah dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-73, dengan tujuan untuk mewujudkan kepedulian BUMN dan berbagi dengan masyarakat kurang mampu agar dapat memperoleh bahan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

Dalam Pasar Murah tersebut, BUMN bekerjasama dengan Bulog, RNI, Pertani, PPI dan SHS menyediakan paket sembako dengan nilai kurang lebih sebesar Rp100.000 per paket. “Untuk mendapatkan paket sembako murah tersebut, masyarakat cukup membayar Rp25.000 per paket yang berisi 5 kg beras, 1 liter minyak goreng dan 1 kg gula pasir.”

Hasil penjualan dari Pasar Murah kata Marwah, akan disumbangkan kepada rumah ibadah setempat dalam bentuk sarana prasarana maupun kitab suci yang dapat disinergikan dengan BUMN antara lain BUMN Percetakan atau untuk pembangunan fasilitas umum di lokasi sekitar, seperti sanitasi, sekolah dan jalan.

Dia juga menyebutkan, dalam kegiatan Jalan Sehat 5 Km yang mengambil start dari Pelabuhan Ahmad Yani – Pantai Nukila – Masjid Raya – Pos Kota – Kantor Pegadaian – Jalan Mononutu – lalu kembali lagi ke Pelabuhan Ahmad Yani ini, pihak panitia yang terdiri dari PT Pelindo IV, PT Brantas Abipraya dan PT Balai Pustaka menyediakan beragam doorprize bagi para peserta yang terdiri dari masyarakat umum, keluarga BUMN dan instansi lainnya yang ada di Ternate.

“Total nilai doorprize yang disediakan sebesar Rp50 juta,” ujarnya.

Sementara itu lanjut Marwah, pihaknya juga akan menyelenggarakan kegiatan Program Bersih Lingkungan pada Minggu, 26 Agustus 2018, yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan yang sehat, bersih dan cara hidup yang lebih ramah lingkungan.

Source BUMN Hadir untuk Negeri, Pelindo IV Gelar Jalan Sehat 5 Km di Ternate

Leave A Reply

Your email address will not be published.