BUMN Hadir Untuk Negeri: Pelatihan Wirausaha Bagi Mantan Atlet Berprestasi dan Mantan Narapidana

62

Jakarta, 11 Oktober 2016 – Semangat BUMN Hadir Untuk Negeri terus dijalankan oleh PLN. Sebagai tindak lanjut komitmen PLN terhadap program Kementrian BUMN ini, PLN yang diwakili PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB) menyelenggarakan Program Pembinaan Mantan Narapidana dan Mantan Atlet Nasional “Membangun dan Menciptakan Wirausaha”.

Pelatihan wirausaha ini berlangsung selama tiga hari, mulai 10-12 Oktober 2016 di Hotel Lumire, Jakarta Pusat. Kegiatan ini secara simbolis diikuti oleh 12 peserta yang terdiri dari tujuh mantan atlet berprestasi dan lima mantan narapidana yang mendapatkan remisi bebas.

“Program ini merupakan bentuk apresiasi kami kepada mantan atlet berprestasi yang pernah berlaga dalam ajang nasional maupun internasional. Mereka telah memberikan dedikasi yang tinggi dalam mengharumkan nama Indonesia, untuk itu mereka sangat berhak mendapatkan apresiasi ini. Selain itu kami juga memberikan kesempatan kepada Mantan Narapidana untuk menjadi wirausahawan mandiri selepas dari masa tahanan sehingga mereka mendapatkan kemampuan dan kemauan untuk menjadi wirausaha dan (mampu) meningkatkan taraf hidup” ungkap Kepala Satuan Komunikasi Korporat I Made Suprateka.

Adapun daftar 7 Mantan Atlet Berprestasi ini adalah:
1. Ellias Pical. Mantan atlet berprestasi bidang olahraga tinju
2. Elly Amalia. Mantan atlet berprestasi bidang olahraga judo
3. Lukman Husain. Mantan atlet berprestasi bidang olahraga sepak takraw
4. Rio Oloan Nababan. Mantan atlet berprestasi bidang olahraga gulat
5. Andi Suherli. Mantan atlet berprestasi bidang olahraga Arung Jeram
6. Abdul Gafur. Mantan atlet berprestasi bidang olahraga Pencak Silat
7. Omita Olga Ompi. Mantan atlet berprestasi bidang olahraga Karate

Ketujuh mantan atlet beserta lima mantan narapidana mendapatkan pelatihan dari pakar wirausaha PT TAM (Transformasi APIKI Mandiri) dengan pemateri utama Direktur PT TAM Anto Suroto. Pada dua hari pertama, materi diberikan secara indoor melalui beberapa kelas seperti kelas Motivasi Wirausaha, Kewirausahaan, Praktek Industri dan Mental Spiritual. Pada hari ketiga, peserta akan melakukan studi lapangan dengan mengunjungi beberapa industri bisnis.

“Program pelatihan ini mengkombinasikan teori dan praktek yang sangat dibutuhkan bagi setiap individu yang ingin menjadi wirausaha sukses. Selain mendapat ilmu kewirausahaan dan kesempatan brainstorming, peserta akan praktek langsung dengan mengunjungi beberapa industri yang ada di Indonesia. Adanya kunjungan industri ini akan membuka pola pikir peserta agar semakin memantapkan diri menjadi seorang wirausahawan,” Ucap Anto.

Seluruh peserta pelatihan nampak antusias dalam menerima materi yang diberikan. Masing-masing peserta diperbolehkan membawa satu anggota keluarga untuk mendapatkan pelatihan. Harapannya, peserta bisa mendapat dukungan dari keluarga khususnya yang juga mengikuti pelatihan ini.

Setelah menjalankan program pelatihan wirausaha, peserta akan diberikan bantuan modal usaha dan diwajibkan merealisasikan program kewirausahaan sesuai dengan konsep yang dimiliki masing-masing peserta. PLN UIP JBB akan melakukan pengawasan dan mentoring selama maksimal enam bulan untuk memonitor apakah para peserta mampu menjadi wirausaha mandiri setelah pelaksanaan pelatihan wirausaha ini. Hal ini merupakan bentuk indikator keberhasilan program Pelatihan Wirausaha BUMN Hadir Untuk Negeri 2016.

Agung Murdifi
Manajer Senior Public Relations
Tlp. 021 7251234
Facs. 021 7227059
Twitter. @agungmurdifi
Email. [email protected]

Source BUMN Hadir Untuk Negeri: Pelatihan Wirausaha Bagi Mantan Atlet Berprestasi dan Mantan Narapidana

Leave A Reply

Your email address will not be published.