BUMN Dorong Peningkatan Pariwisata Mandalika

12

SIARAN PERS KEMENTERIAN BUMN – HUT BUMN MANDALIKA

Mandalika, Nusa Tenggara Barat, 26 Januari 2017 – Percepatan pengembangan pariwisata Indonesia merupakan salah satu misi besar pemerintah. Sebagai bagian dari pemerintah, BUMN akan hadir di kawasan Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada tanggal 26 – 28 Januari 2017 untuk bersama-sama bersinergi dalam pengembangan pariwisata dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) melalui program “BUMN Hadir Untuk Negeri”, yaitu program percepatan pembangunan infrastuktur dan pengabdian masyarakat lokal.

Sekretaris Menteri BUMN Imam Apriyanto Putro di Jakarta, Selasa, mengatakan, pemerintah telah menetapkan kawasan Mandalika, Lombok, sebagai salah satu dari 10 destinasi prioritas dan juga masuk ke dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Menurutnya, pengembangan Mandalika sebagai destinasi prioritas dengan standar internasional membutuhkan dukungan sektor atraksi, aksesibilitas dan amenitas. Berkaitan dengan hal tersebut, melalui program “BUMN Hadir untuk Negeri” di Mandalika, Kementerian BUMN dan seluruh BUMN akan menyerahkan bantuan CSR (Corporate Social Responsibility) yang ditujukan untuk pengembangan kawasan tersebut.

Penetapan destinasi prioritas dan KEK tersebut sejalan dengan program pemerintah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara yang ditargetkan mencapai 20 juta kunjungan pada tahun 2019 mendatang. Peran Kementerian BUMN dalam bidang pariwisata selama ini dijalankan melalui PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sebagai BUMN yang bertugas mengembangkan KEK Pariwisata Mandalika.

Pelaksanaan program “BUMN Hadir untuk Negeri” tersebut akan berlangsung di lima lokasi, yakni di Tanjung Aan, Bukit Meresek dan Pantai Kuta (ketiganya di KEK Mandalika), Desa Ende (desa wisata binaan ITDC) dan Desa Sembalun, Rinjani. Program tersebut dirangkai dengan berbagai kegiatan, antara lain kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dan kegiatan sosial donor darah.

“Selain bantuan CSR bidang bidang lingkungan, pendidikan, pengembangan SDM, seni budaya, dan infrastruktur, BUMN juga serahkan bantuan pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi melalui Balkondes dan pembinaan petani bawang di Desa Sembalun, untuk mengembalikan Desa Sembalun sebagai salah satu sentra penghasil bawang di Indonesia,” tutur Imam.

Balkondes adalah balai ekonomi desa yang diinisiasi BUMN sebagai tempat pemberdayaan masyarakat desa untuk peningkatan ekonomi desa, pusat kuliner desa dan budaya. Melalui Balkondes nantinya masyarakat desa diharapkan siap menjadi penopang pariwisata untuk bersaing dengan destinasi pariwisata dunia lainnya.

Pemberdayaan masyarakat menjadi titik berat Program CSR BUMN kali ini, karena sebuah destinasi pariwisata hanya akan sustainable pada saat interaksi antar manusia dalam konteks pariwisata terjalin. Bantuan ini menjadi bukti kehadiran BUMN Untuk Negeri dapat mendorong berkembangnya kawasan Mandalika sebagai salah satu destinasi pariwisata utama baru yang dicanangkan Presiden Jokowi, sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat sekitarnya.

Kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Mandalika didukung oleh seluruh BUMN. Maskapai nasional Garuda Indonesia dan ITDC ditujuk sebagai koordinator kegiatan oleh Kementerian BUMN. Garuda Indonesia menjadi sentral perannya dalam membangun konektivitas antar pulau dan berbagai destinasi di Indonesia dan luar negeri.

“Sudah menjadi komitmen Garuda Indonesia untuk selalu mendukung upaya pemerintah dalam mendorong percepatan pembangunan ekonomi dan pariwisata di berbagai wilayah nusantara,” kata Direktur Pelayanan Garuda Indonesia Nicodemus P Lampe.

Sementara itu, Direktur ITDC Jatmiko Santosa menyampaikan, pendekatan CSR BUMN kali ini dengan titik berat pemberdayaan manusia, sejalan dengan keyakinan ITDC bahwa sebuah destinasi pariwisata yang sustainable perlu menghadirkan interaksi antara wisatawan dengan masyarakat setempat sehingga memberikan pengalaman menarik bagi wisatawan.

Dalam upaya mengantisipasi perkembangan zaman, BUMN terus merealisasikan kehadirannya agar bisa mendorong peningkatan roda perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat. Sepanjang tahun 2016 lalu, Kementerian BUMN dan BUMN telah melaksanakan kegiatan “BUMN Hadir Untuk Negeri” di Parapat, Sumatera Utara; Garut, Jawa Barat; Wonosobo, Jawa Tengah; Labuan Bajo, NTT; dan Cilacap, Jawa Tengah, dan kali ini Mandalika, NTB.

BUMN terus tumbuh dan berkembang memberikan sumbangan bagi perekonomian nasional, utamanya melalui penyediaan barang dan jasa yang bermutu tinggi dan memadai bagi pemenuhan hajat hidup masyarakat. BUMN juga menjadi perintis berbagai kegiatan usaha yang belum tersentuh oleh sektor swasta, serta turut aktif memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengusaha golongan ekonomi lemah, koperasi dan masyarakat.

Source BUMN Dorong Peningkatan Pariwisata Mandalika

Leave A Reply

Your email address will not be published.