Bulog: Tak Ada Alasan Harga Naik

27

06 Mei 2019 | Bulog memastikan stok pangan aman untuk memenuhi kebutuhan Ramadan dan Idulfitri. Sehingga, tidak ada alasan untuk kenaikan harga kebutuhan pokok. Hal itu dikatakan Direktur Pengembangan Bisnis dan Industri Bulog, Imam Subowo, saat meninjau kesediaan pangan di Gudang Bulog Pegambiran Cirebon, pekan lalu.

Menurutnya, Bulog menyiapkan stok beras sekitar dua juta ton. Imam bilang, jumlah itu merupakan akumulasi dari stok yang dimiliki 26 divisi regional dengan data per 29 April 2019.

Selain beras, Imam menyebut Bulog juga memiliki stok gula putih sebesar 53 ribu ton, tepung terigu 460 ribu ton, minyak goreng 1,36 juta liter. Bulog juga menyediakan telur ayam 10,30 juta ton, jagung pakan 114.026 ton, dan daging kerbau 4.849 ton.

Adapula, bawang merah dengan jumlah stok 26,32 ton, dan 0,80 ton untuk bawang putih. “Kesiapan Bulog untuk bulan Ramadan dan Idulfitri sudah siap. Kita punya 2 juta ton tersebar di seluruh Indonesia, jadi untuk beras dan pangan yang lain kami rasa sangat aman,” katanya.

Menurut Imam, dengan stok yang melimpah itu, Bulog juga akan melakukan operasi pasar (OP) tetap digelar jelang maupun selama Ramadan, tanpa menunggu harga naik dulu. Bahkan, OP akan dilakukan rutin setiap hari.

“Tidak perlu menunggu ada gejolak harga di masyarakat. OP akan dilakukan setiap hari, sedikit-sedikit kita pasti keluarin stok kita, nggak nunggu harga di pasar naik,” jelas Imam.

Source Bulog: Tak Ada Alasan Harga Naik

Leave A Reply

Your email address will not be published.