Bulog Sub Divre Cirebon Berikan Harga Terbaik Untuk Petani

8

18 Mei 2019 | Pemerintah terus berupaya mensejahterakan petani dalam hal pembelian gabah dan juga beras langsung dari petani melalui BULOG yang ada di seluruh Indonesia. Kepada RRI, Kepala Sub Divre Bulog Cirebon Topan Ruspayandi mengatakan bahwa pihaknya akan terus membantu petani dengan sebaik mungkin dalam melakukan pembelian gabah dan juga beras.

“Untuk saat ini sesuai dengan Inpres nomor 5 tahun 2015 untuk Harga HPP Beras adalah 7.300/kg ditambah Fleksibilitas harga 10 % menjadi 8.030/kg yang dibeli BULOG dari Petani, untuk Harga HPP Gabah sesuai Inpres Nomor 5 tahun 2015 adalah Gabah Kering Panen (GKP) sebesar Rp 3.700 ditambah Fleksibilitas harga 10 % menjadi Rp 4.070/kg, sedangkan Harga Gabah Kering Giling (GKG) yakni Rp 4.650 ditambah Fleksibilitas harga 10 % menjadi Rp 5.115/kg di Gudang BULOG,” kata Topan pada Minggu (12/05/2019)

Harga – harga tersebut lanjut Topan tentu dengan kualitas gabah dan beras yang baik sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Inpres 5/2015 seperti persyaratan kondisi Kadar air dan kadar hampa untuk gabah, serta persyaratan kadar air, broken menir dan derajat sosoh untuk beras”.

“Kualitas gabah dan beras yang dibeli BULOG akan diperiksa oleh petugas pemeriksa kualitas agar sesuai dengan ketentuan,” ucap Topan.

Lebih lanjut Topan menuturkan, untuk stok pangan dalam hal ini Beras dan gabah cukup dan aman untuk 12 bulan kedepan, sebanyak 60 Ribu ton lebih.

“Stok kita aman terdiri dari beras dan gabah untuk kebutuhan sekitas 1 tahun kedepan, ada 60 ribu ton lebih, dan kita tiap harinya terus mengupayakan penyerapan dari para petani, tentu harganya sesuai aturan yang ditetapkan Inpres dan sesuai kualitas standar baik gabah maupun berasnya. Pada hari jumat tanggal 10 Mei 2019 kemarin, kita berhasil memecahkan rekor pengadaan sepanjang tahun tahun 2019 dengan membeli sebanyak 1.029 ton setara beras dalam satu hari, saat ini pengadaan sub divre Cirebon terbanyak se Jawa Barat,” tutur Topan.

Selain itu juga BULOG Sub Divre Cirebon bersama TPID Cirebon dan stakeholder lainnya, bersama-sama melakukan kegiatan Operasi Pasar dengan menjual bahan kebutuhan pangan yang berkualitas yang harganya juga lebih murah.

Source Bulog Sub Divre Cirebon Berikan Harga Terbaik Untuk Petani

Leave A Reply

Your email address will not be published.