Bulog Pastikan Stok Beras Indonesia Aman Hingga Maret 2020

31

01 Juni 2019 | Perum Bulog memastikan stok bahan pokok seperti beras, gula, terigu aman dan terkendali. Khusus untuk beras, gudang Bulog saat ini menampung 2 juta ton, sehingga aman hingga Maret 2020.

“Pasokan 2 juta itu ada di gudang kita, tak hanya Idul Fitri sampai dengan pasca Idul Fitri sampai panen habis kita siapkan semua. Jadi kalau dua juta lebih itu sampai Desember, bahkan sampai Maret sebelum panen itu cukup,” kata Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog, Tri Wahyudi Saleh, dikutip Jumat (31/5/2019).

Tri mengatakan, Bulog saat ini masih terus menyerap gabah beras rata-rata 10-15 ribu ton per hari. Pasalnya, beberapa daerah di Indonesia masih berlangsung panen.

Dia menambahkan, stok bahan pokok lain seperti gula juga cukup sehingga harga terkendali. Bulog, kata dia, terus melakukan operasi pasar setelah harga sempat naik.

“Kemarin kita dapat informasi di Pasar Minggu, harga diatas Rp12.800, langsung kita gelontorkan kemarin di sana. Alhamdulillah turun juga, pedagang-pedagang juga kita isi,” ucap dia.

Sementara itu, stok terigu juga terkendali. Dia mengaku ada beberapa stok seperti minyak mengalami kendala produksi dan distribusi akibat Lebaran, namun dia optimistis stok minyak telah masuk ke setiap wilayah.

“Kalau teman yang transportasinya agak terganggu, kami berikan kelonggaran untuk membeli minyak di produsi lokal, jadi gak usah dari jakarta. Jadi ada kerjasama dengan beberapa distributor jadi insyaallah semua terkendali tapi kan hari ini jalur darat satu jalur ya, nah ini agak sedikit terkendala,” ujar dia.

Harga daging sapi yang biasanya melonjak juga relatif stabil. Bulog masih menjual harga daging beku Rp80.000 per kg.

“Kalau di atas itu, bukan daging kerbau, itu daging sapi. Kemarin kita cek di pasar Jawa Timur dan Jawa Barat itu kisaran Rp105 hingga 110 ribu itu daging sapi. Tapi kalau daging kerbau itu masih stabil kita masih punya stok,” kata dia.

Namun, kata Tri, sampai saat ini masih ada dua bahan pokok yang harganya cukup tinggi yakni ayam Rp32.000 per kg dan telur dengan kisaran harga Rp20.000-Rp25.000. Menurut dia, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian sudah mengantisipasi dan telah meminta produsen segera mengisi pasar

Source Bulog Pastikan Stok Beras Indonesia Aman Hingga Maret 2020

Leave A Reply

Your email address will not be published.