BULOG Bakal Bantu Petani Jual Beras Kemasan

24

30 Juni 2018

Jakarta – Perum Bulog akan turut membantu petani untuk menjual beras dalam bentuk kemasan. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar petani tidak lagi menjual gabah. Ia meminta agar petani mulai menjual beras dalam bentuk kemasan.

Menurut Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas), permintaan Jokowi agar petani menjual beras merupakan salah satu upaya menyejahterakan petani.

Untuk itu, bersama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pihaknya akan mendorong petani mejual beras dalam bentuk kemasan.

“Ya itu bagus ini kan prinsipnya negara bagaimana petani tidak dirugikan dia meningkat kesejahteraannya. Nah dengan itu, jadi sekarang kita bekerjasama menteri BUMN dengan perusahaan BUMN menciptakan suatu produk yang diciptakan petani jadi nanti petani kerjasama dengan kita dia bisa mengelola hasil panen dia berupa kemasan,” katanya saat ditemui di sela acara Halalbihalal Menteri BUMN, Jalan Taman Patra, Jakarta, Sabtu (30/6/2018).

Lebih lanjut, Buwas menjelaskan prosedur pengemasan akan dilakukan melalui rumah penggilingan BUMN yang berada di lokasi terdekat dengan lokasi pertanian.

Selain melakukan pengemasan, di rumah di penggilingan tersebut juga akan dilakukan pengontrolan kualitas beras.

“Jadi bukan hanya Bulog saja, BUMN lain juga kita buat reseller untuk manfaat di petani. Jadi mau pakai beras semau gue, itu boleh saja kemasannya. Selain itu juga ada pengecekan kualitas beras, kita bantu,” paparnya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution sebelumnya menjelaskan upaya tersebut perlu diimbangi dengan kesiapan desa. Misalnya dengan keberadaan gudang.

Source BULOG Bakal Bantu Petani Jual Beras Kemasan

Leave A Reply

Your email address will not be published.