BRI Bersiap Luncurkan Teras BRI Kapal Bahtera Seva IV

24

Kamis, 25 Juli 2019 | Labuan Bajo – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk bersiap meluncurkan Teras BRI Kapal Bahtera Seva IV. Sebelumnya perseroan telah memiliki tiga bank terapung yang beroperasi di Kepulauan Seribu, Labuan Bajo dan Kepulauan Halmahera Selatan. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Utama Bank BRI Suprajarto dalam kunjungannya bersama awak media di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (25/07).

Teras BRI Kapal adalah wujud nyata Bank BRI dalam meningkatkan inklusi keuangan dengan mendekatkan akses dan sarana layanan perbankan kepada masyarakat di wilayah kepulauan dan pesisir yang masih sulit mendapatkan akses terhadap layanan keuangan.

Suprajarto mengungkapkan bahwa Teras BRI Kapal Bahtera Seva IV akan mulai beroperasi pada Desember 2019 dan melayani masyarakat di wilayah Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau. Rencananya kapal tersebut akan beroperasi di Pulau Tarempa, Pulau Bayat, Pulau Lingai, Pulau Telaga Besar, Pulau Keramut dan Pulau Letung. “Keberadaan Bahtera Seva IV tentu kami harapkan akan memudahkan masyarakat di sekitar Kepulauan Anambas untuk mendapatkan akses keuangan yang memadai, sehingga mampu mendorong perekonomian serta meningkatkan kesejahteraan,” imbuh Suprajarto.

Saat ini keberadaan Teras BRI Kapal Bahtera Seva terbukti mampu meningkatkan aktivitas perekonomian bagi masyarakat pesisir dan kepulauan. Untuk Teras BRI Kapal Bahtera Seva I di Kepulauan Seribu, hingga Juni 2019 telah menyalurkan jumlah pinjaman Rp 18,3 miliar dan meraup total simpanan Rp 11,9 miliar.

Sementara Teras BRI Kapal Bahtera Seva II Labuan Bajo pada akhir Juni 2019 mengumpulkan dana simpanan Rp 9,4 miliar dan penyaluran pinjaman sebesar Rp 11 miliar. Teras BRI Kapal Bahtera Seva III di Halmahera berhasil memberikan pinjaman sekitar Rp 15,8 miliar dan dengan dana sekitar Rp 11,4 miliar per Juni 2019.

Tidak hanya melalui Teras BRI Kapal, Bank BRI juga terus memperluas jaringannya melalui Agen BRILink untuk meningkatkan inklusi dan literasi keuangan di masyarakat. Agen BRILink merupakan branchless banking atau kepanjangan tangan dari Bank BRI yang mampu memberikan layanan perbankan sebagaimana kantor bank pada umumnya. Hingga akhir Juni 2019 tercatat BRI memiliki tak kurang dari 400 ribu agen yang tersebar di seluruh Indonesia dengan volume transaksi lebih dari Rp. 331 triliun.

“Bank BRI akan terus berinovasi baik dalam hal produk dan layanannya guna mendukung program inklusi dan literasi keuangan yang tengah gencar dicanangkan oleh Pemerintah,” pungkas Suprajarto.

Source BRI Bersiap Luncurkan Teras BRI Kapal Bahtera Seva IV

Leave A Reply

Your email address will not be published.