BNI, Surveyor Indonesia, & Persero Batam Meriahkan HUT ke-71 RI di Tanjung Pinang

90

Tanjung Pinang, 14 Agustus 2016 – Semarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Republik Indonesia, tiga BUMN, yaitu BNI, Surveyor Indonesia, dan Persero Batam tunjukkan kepedulian pada kondisi sosial kemasyarakatan melalui kegiatan Bedah Rumah Veteran, Siswa Mengenal Nusantara, dan Program Bina Lingkungan dan/atau Corporate Social Responsibility (CSR).

Program Bina Lingkungan tersebut dilaksanakan melalui tigabelas (13) rangkaian kegiatan yang menyasar langsung masyarakat, yaitu Pembinaan Mantan Narapidana; Penyediaan Sarana Air Bersih; Penyediaan Sarana Mandi Cuci Kakus (MCK); Pembangunan Tempat Penitipan Anak di Pasar; Pembinaan Mantan Atlet Nasional; Pembinaan Desa Terpencil, Perbatasan dan Rawan Konflik, kegiatan Bedah Rumah Veteran, Siswa Mengenal Nusantara, dan BUMN Mengajar.

Ketiga BUMN ini memulai kemeriahan perayaan HUT Ke-71 RI dengan menggelar berbagai aktivitas pada tanggal 14 Agustus 2016 dan 17 Agustus 2016, yang dipusatkan di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Pada rangkaian acara pada tanggal 14 Agustus 2016 itu hadir Walikota Tanjung Pinang Lis Darmansyah, Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, Direktur Utama Surveyor Indonesia M.Arif Zainuddin dan Direktur Utama Persero Batam Teuku Afrizam

Program Bedah Rumah Veteran diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi nyata untuk memberikan tempat tinggal yang layak bagi para veteran atas jasa-jasa mereka. Pemberian bantuan pengerjaan bedah rumah dilakukan terhadap 28 rumah veteran di Provinsi Kepulauan Riau dan 32 rumah veteran di Sumatera Utara, sehingga mencapai total 60 rumah veteran. Bedah rumah dilakukan dalam bentuk perbaikan standar yaitu atap yang layak, lantai keramik, MCK, pengecatan dinding, ventilasi yang layak, dapur, ruang tidur dan ruang tamu.

Program Siswa Mengenal Nusantara dilakukan dengan pemberian kesempatan kepada 20 pelajar SMU/ SMK/SLB kelas XI (2 orang di antaranya siswa difabel) dan 3 guru pendamping dari Kepulauan Riau untuk berkunjung ke Sulawesi Tengah. BNI, Surveyor Indonesia, dan Persero Batam juga menerima 20 siswa dan 3 pendamping dari Sulawesi Tengah yang dikirim ke Tanjung Pinang. Mereka akan berkunjung selama satu minggu. Selama kegiatan itu peserta tinggal bersama dengan keluarga angkat yang merupakan penduduk setempat.

Pembinaan mantan narapidana dilakukan untuk 7 mantan narapidana usia produktif yang sudah keluar Lembaga Pemasyarakatan. Pembinaan ini dilakukan dalam bentuk pemberian pelatihan terkait pengembangan keahlian/skill sebagai bekal untuk wirausaha. Selain itu juga diberikan bantuan peralatan sebagai modal kerja dan dilakukan pendampingan usaha selama 6 bulan.

Sementara itu, memperhatikan kondisi pemenuhan kebutuhan air bersih di berbagai daerah di Indonesia yang masih kesulitan untuk mengakses air bersih, BNI, Surveyor Indonesia, dan Persero Batam juga berkomitmen untuk melakukan penyediaan sarana air bersih di tiga lokasi di Kepulauan Riau. Kegiatan ini dilakukan dengan membangun sarana dan prasarana pengaliran/penampungan dan pengolahan air bersih Bersamaan dengan penyerahan sarana air bersih, dilakukan juga pendidikan dan pelatihan mengenai lingkungan kepada masyarakat sekitar.

Dalam kegiatan penyediaan Sarana MCK, BNI, Surveyor Indonesia, dan Persero Batam berkoordinasi dengan Pemda setempat akan membangun 50 MCK di daerah kabupaten di Kepulauan Riau yang membutuhkan.

Rangkaian kegiatan perayaan HUT RI ini juga dilaksanakan melalui pembangunan tempat penitipan anak di 1 pasar tradisional di Kepulauan Riau. BNI, Surveyor Indonesia, dan Persero Batam membangun tempat penitipan anak di Pasar Bintan Center, Tanjung Pinang. Sarana ini nantinya akan diserahkan kepada pemerintah daerah setempat. Pembangunan TPA ini dilakukan untuk memberikan sarana lingkungan yang layak untuk tumbuh kembang anak ketika orang tuanya berjualan di pasar.

Selanjutnya, di tengah euforia Olimpiade saat ini, BUMN turut memberikan perhatian kepada para mantan atlet yang pernah mengharumkan nama bangsa di berbagai pentas olahraga. Sebanyak 6 mantan atlet diberikan bantuan berupa pelatihan pengembangan keahlian, pengembangan usaha dan bantuan peralatan sebagai modal kerja, serta pendampingan usaha selama 6 bulan.

Terkait dengan masih adanya desa-desa tertinggal di seluruh Indonesia yang memerlukan pembinaan, ketiga BUMN tak lupa memberikan perhatian. Turut serta untuk meningkatkan keahlian warga di 2 desa, BUMN memberikan penyuluhan dalam memaksimalkan potensi daerah. Lokasi yang menjadi sasaran kegiatan ini antara lain desa-desa yang bersinggungan langsung dengan wilayah operasional atau proyek-proyek yang tengah dikerjakan oleh BUMN. BNI, Surveyor Indonesia, dan Persero Batam diantaranya di Pulau Penyengat, Pulau Natuna, dan Pulau Anambas. Ketiga BUMN ini juga membantu melengkapi sarana ibadah di Masjid Raya Sultan Riau Penyengat di Pulau Penyengat, Kepulauan Riau.

5.000 Pejalan Sehat
Selain kegiatan tersebut di atas, dalam peringatan HUT ke-71 RI ini, pada tgl 14 Agt 2016 BNI, Surveyor Indonesia, dan Persero Batam juga menggelar jalan sehat, lomba2 kerakyatan dan menggelar penjualan paket sembako murah serta memberikan hiburan rakyat (panggung musik dan nonton film bagi anak2 penduduk setempat).

Jalan Sehat 5 Km yang akan digelar 14 Agt pagi ini, akan diikuti 5.000 peserta yg terdiri dari Penduduk setempat (siswa, PNS, masyarakat umum), perwakilan BUMN yg berada di Tg Pinang termasuk keluarga karyawan BNI, Surveyor Indonesia, dan Persero Batam.

Dalam acara jalan sehat ini 3 BUMN tsb juga menyiapkan penjualan 1.000 paket sembako senilai Rp 200.000 per paket yang dijual murah kepada masyarakat di Pasar Murah Tanjung Pinang hanya dengan uang Rp 25.000 per paket.

Beragam lomba juga digelar berdasarkan kebiasaan masyarakat setempat. Lomba-lomba rakyat itu antara lain adalah Lomba Perahu Jong, Lomba Gasing, Lomba Menangkap Itik, Lomba Enggrang. Warga Tanjung Pinang juga mendapatkan hiburan berupa pemutaran film-film anak yang dilaksanakan di Taman Laman Bunda Tepi Laut, Tanjung Pinang.

Seluruh rangkaian kegiatan yang dikoordinasikan oleh BNI, Surveyor Indonesia, dan Persero Batam tersebut merupakan wujud kehadiran BUMN untuk negeri dan bentuk kerja nyata kepedulian BUMN pada kondisi sosial kemasyarakatan. Diharapkan dengan “BUMN Hadir Untuk Negeri”, akan tercipta rasa cinta dan kebanggaan sebagai warga negara Indonesia, sehingga di masa depan Indonesia mampu berdiri tegak sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia di tengah keragamannya. Pelaksanaan kegiatan ini juga merupakan bagian dari pembangunan pemahaman para pemangku kepentingan mengenai peran Kementerian BUMN dan BUMN sebagai agen pembangunan, yang turut andil dalam Pembangunan Kapasitas Nasional.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

Kiryanto, Corporate Secretary BNI
Telp: 021-5728387, Email: [email protected]

Ponky L.Kardono, Corporate Secretary Surveyor Indonesia
Telp.O21-5265526, Email : [email protected]

Suryo Prastowo, Corporate Secretary Persero Batam
Telp. (0778) 458507, Email : [email protected]

Source BNI, Surveyor Indonesia, & Persero Batam Meriahkan HUT ke-71 RI di Tanjung Pinang

Leave A Reply

Your email address will not be published.