BNI dan Polda Kepri Kerja Sama Permudah Transaksi Perbankan

67

Batam, 3 Juni 2016 – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI dan Kepolisian Daerah Kepulauan Riau (Polda Kepri) menandatangani Perjanjian Kerja Sama untuk lebih mempermudah transaksi perbankan, termasuk mempermudah pengelolaan dana Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang dihimpun melalui Polri. Kerja sama ini juga akan membantu anggota Polda Kepri dalam memperoleh fasilitas perbankan dari BNI, mulai dari tabungan hingga kredit konsumer.

Pada saat yang sama, BNI juga menghibahkan satu unit kendaraan pengangkut jenazah untuk Rumah Sakit Bhayangkara Kepolisian Daerah Kepulauan Riau. Mobil jenazah tersebut akan membantu penyelenggaraan fungsi kedokteran Polri.

Penyerahan secara simbolis mobil jenazah bantuan BNI tersebut dilaksanakan di Markas Polda Kepulauan Riau, Batam, Kamis (3 Juni 2016) oleh Wakil Direktur Utama BNI Suprajarto kepada Kepala Polda Kepulauan Riau Brigadir Jenderal Polisi Sam Budigusdian. Adapun Penandatanganan PKS tentang Pengelolaan PNBP Polri serta Pemberian Fasilitas Produk Konsumer dilaksanakan antara BNI Kantor Wilayah Padang dengan Polda Kepulauan Riau.

Suprajarto mengungkapkan, hibah mobil jenazah tersebut merupakan bukti keeratan hubungan BNI dengan jajaran kepolisian selama ini. Saat ini, BNI juga merupakan salah satu bank yang membantu Polri dalam mengelola dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang digelontorkan negara kepada Polri, penyediaan layanan penyaluran gaji bagi anggota dan pegawai negeri sipil (PNS) Polri yang dilengkapi Kartu Tanda Anggota (KTA) Elektronik.

“Kerja sama yang erat antara BNI dengan Polri telah berjalan secara berkesinambungan dan saling menguntungkan. Dukungan BNI kepada Polda Kepulauan Riau kali ini merupakan bentuk dukungan BNI pada peningkatan kualitas layanan RS Bhayangkara,” ujarnya.

Sebelumnya, BNI telah menandatangani Nota Kesepahaman Pemanfaatan Jasa Layanan Perbankan pada tahun 2014. Kerja sama tersebut menjadi pintu masuk menuju kerja sama yang lebih luas antara Polri dengan BNI, sehingga sinergi kedua lembaga ini semakin menguat. Selain Pemanfaatan Jasa Layanan Perbankan, Nota Kesepahaman tersebut juga menyepakati kerja sama Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility (CSR), yang mencakup bantuan bina lingkungan, peningkatan pendidikan dan kegiatan sosial. Salah satu realisasi dari kerja sama CSR tersebut adalah bantuan mobil jenazah di Batam ini.

Bantuan sarana pelengkap layanan Rumah Sakit merupakan program yang terus dilaksanakan BNI. Pada tahun 2015, BNI menyiapkan Kapal Ambulan senilai Rp 4,5 miliar kepada TNI Angkatan Laut sebagai dukungan dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di daerah pesisir terpencil. Selain itu, BNI juga telah menyediakan mobil ambulan untuk RSU Sembiring Delitua (Medan), Pemerintah Kabupaten Siak (Padang), dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti (Riau), serta RSUD Lombok Utara.

Mengenai BNI

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI didirikan pada tanggal 5 Juli 1946 dan menjadi bank pertama milik negara yang lahir setelah kemerdekaan Indonesia. BNI sempat berfungsi sebagai bank sentral dan bank umum sebagaimana tertuang dalam Keputusan Presiden No. 2/1946 tanggal 5 Juli 1946, sebelum akhirnya beroperasi sebagai bank komersial sejak tahun 1955.

Sampai dengan akhir tahun 2015, BNI telah memiliki 1.826 outlet yang tersebar di 34 provinsi dan 420 kabupaten/ kota. BNI memiliki 24 Sentra Kredit Menengah (SKM), 58 Sentra Kredit Kecil (SKC), 111 Unit Kredit Kecil (UKC), dan 12 Consumer & Retail Loan Center (LNC).

BNI kini memiliki 16.071 ATM yang tersebar di 34 provinsi dan 521 kabupaten/ kota termasuk 6 (enam) ATM di luar negeri, yaitu 4 ATM di Hong Kong dan 2 ATM di Singapura. Jaringan ATM tersebut juga dapat melayani transaksi kartu debit berlogo Link, ATM Bersama, dan Prima.

BNI sebagai holding perusahaan telah memiliki 4 anak perusahaan, yaitu BNI Syariah (perbankan syariah), BNI Life (perasuransian), BNI Securities (pasar modal), dan BNI Multifinance (pembiayaan). BNI Asset Management merupakan anak perusahaan dari BNI Securities.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

Kiryanto, Corporate Secretary BNI

Telp: 021-5728387, Email: [email protected]

Source BNI dan Polda Kepri Kerja Sama Permudah Transaksi Perbankan

Leave A Reply

Your email address will not be published.