Biodiesel Perkuat Ekspor Sumut Lewat Belawan

26

25 Juli 2018 —¬†‚ÄčTahun ini satu lagi komoditas baru muncul untuk memperkuat barisan ekspor Sumatera Utara (Sumut) yang dikapalkan melalui Pelabuhan Belawan. Komoditas tersebut yakni biodiesel.

Data dari Humas Pelindo 1 Cabang Belawan menyebutkan, hingga smester I-2018 aktivitas ekspor Sumut yang dikapalkan melalui Pelabuhan Belawan tercatat mencapai 1.592.926 terdiri dari 34 jenis komoditas ekspor. Jumlah ini turun sekitar 0,87 persen dibandingkan periode serupa 2017 yang jumlahnya 1.579.38 ton yang terdiri dari 29 jenis komoditas. Dari 34 jenis komoditas ekspor yang dikapalkan selama smester I-2018 melalui Pelabuhan Belawan tersebut komoditas biodiesel merupakan komoditas baru yang turut memperkuat barisan ekspor Sumut lewat Pelabuhan Belawan. Asisten Manajer Hukum dan Humas Pelindo I Cabang Belawan Mufthirakhman, kepada MedanBisnis melalui sambungan seluler, Selasa (24/7) membenarkan bahwa tahun ini komoditas biodiesel untuk pertama kali turut diekspor bersama berbagai jenis komoditas lainnya melalui Pelabuhan Belawan.

Pada ekspor perdana yang dilakukan Mei 2018 tersebut, kata Mufthirakhman yang biasa disapa Alung, jumlah ekspornya pun cukup menggembirakan yakni mencapai 13.600 ton.

Alung menambahkan, selama semester I-2018 sejumlah komoditas ekspor Sumut menghilang dari barisan ekspor Sumut yang dikapalkan melalui Pelabuhan Belawan. Komoditas tersebut yakni ban spedamotor, pala, sepedamotor, durian beku, ikan dan jeans.

Juru bicara Pelindo Belawan itu mengakui, setelah terminal peti kemas Belawan International Container Terminal (BICT) beroperasi pada tahun 1987 dengan nama Unit Usaha Terminal Peti Kemas, aktivitas ekspor melalui Pelabuhan Belawan menjadi kurang semarak sebab puluhan komoditas ekspor yang biasanya diekspor melalui Pelabuhan Belawan beralih ke BICT.

Source Biodiesel Perkuat Ekspor Sumut Lewat Belawan

Leave A Reply

Your email address will not be published.