Binaan Pertamina EP Tarakan Field “Kelurahan Kampung VI” Raih Penghargaan Gubernur Kaltara

63

27 Agustus 2018 — PT Pertamina EP, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) dan merupakan Kontraktor Kontrak Kerjasama di bawah pengawasan SKKMIGAS, melalui unit Asset 5 Tarakan Field, meraih penghargaan CSR predikat Kampung Bersih dari Gubernur Kalimantan Utara. Penghargaan dalam bidang lingkungan tersebut diserahkan saat syukuran peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73, Jumat (17/08).

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang hulu, PT Pertamina EP senantiasa menjalankan proses bisnis dengan memperhatikan lingkungan sekitar. Kali ini melalui program Corporate Social Responsibility “Bijak Mengkonsumsi Minyak Jelantah” di Kelurahan Kampung VI Kota Tarakan. Program tersebut memberi kesempatan kepada warga untuk menukar lima liter minyak jelantah bekas dengan satu liter minyak baru. Diselenggarakan juga kegiatan syukuran atas perolehan predikat tersebut serta sosialisasi lingkungan pada hari Jumat, (24/08). Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Camat Kecamatan Tarakan Timur, Lurah Kelurahan Kampung VI, Perwakilan dari Pertamina EP Tarakan Field, Dan Tokoh Masyarakat Kelurahan Kampung VI.

Dalam sambutannya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tarakan, Supriyono mengapresiasi seluruh masyakarat Kelurahan Kampung VI yang telah mendapatkan prestasi Kampung Bersih dari Gubernur Kalimantan utara dengan indikator: Kelurahan Bersih, Kelompok Wanita Tani ”Kartini”, PKK Kelurahan Kampung VI dengan pemanfaatan Tanaman Toga di Pekarangan Rumah, SD 013 sebagai SD Adiwiyata dan KSM Ramah Lingkungan Kampung VI. “Tahun depan kita akan mencoba untuk lebih lagi menjaga lingkungan tidak hanya dalam prestasi tetapi prilaku dalam menjaga lingkungan. Untuk tahun depan kita akan menargetkan Kelurahan Kampung VI sebagai kandidat Kampung Iklim dari Program Kementerian Lingkungan Hidup Kota Tarakan.”, terangnya.

Masih dalam kesempatan yang sama, Assisten Manager Legal & Relation Enriko R.E Hutasoit mengungkapkan kebanggaannya kepada Kelurahan Kampung VI yang telah berhasil mendapat predikat tertinggi dari Gubernur Kalimantan Utara di bidang lingkungan, hal ini juga merupakan kebanggaan tersendiri untuk PT Pertamina EP Asset 5 Tarakan Field yang telah berupaya mengimplementasikan pemberdayaan masyarakat di bidang lingkungan, salah satunya melalui inovasi dari mitra binaan Tarakan Field dengan program Bijak Mengkonsumsi Minyak Goreng yaitu Tukar Minyak Jelantah dengan minyak baru. “Kami juga memfasilitasi alat pengolahan biodiesel kepada Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Ramah Lingkungan dan Kelompok Brangkas Nikel Kelurahan Kampung VI, kami mendukung mitra kami untuk dapat selalu berinovasi serta berkontribusi dalam menyelamatkan lingkungan”, ungkapnya

Materi edukasi disampaikan langsung oleh Ketua KSM Ramah Lingkungan Kampung VI Bapak H. Sardji. Beliau menjelaskan dampak lingkungan serta kesehatan dalam mengkonsumsi minyak jelantah yang berulang. Beliau menerangkan bahwa minyak jelantah yang sudah disetor akan diolah kembali menjadi biodiesel “seluruh minyak yang sudah diterima akan diolah menjadi biodiesel yang ramah lingkungan”, pungkasnya.

Source Binaan Pertamina EP Tarakan Field “Kelurahan Kampung VI” Raih Penghargaan Gubernur Kaltara

Leave A Reply

Your email address will not be published.