Bikin Kereta Ekonomi Rasa Eksekutif, INKA: Sekarang Duduk Lebih Nyaman

83

01 Agustus 2016

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI telah meluncurkan kereta kelas ekonomi dengan fasilitas yang lebih baik. PT INKA ditunjuk sebagai pemasok. INKA sebagai BUMN produsen kereta menyebut desain kursi dan interior kereta ekonomi ‘rasa eksekutif’ itu kini lebih nyaman, berbeda dengan pesanan terdahulu. Awalnya, kereta ekonomi ini berkapasitas 106 penumpang, tetapi kini hanya menampung 80 orang sehingga jarak antar kursi lebih longgar.

“Kereta ekonomi dulunya kapasitas banyak dengan posisi dihadap-hadapkan. Untuk kereta ekonomi yang sekarang tetap dengan jumlah yang banyak tapi tidak berhadap-hadapan dengan jarak yang lebih diatur lagi, sehingga penumpang lebih nyaman untuk duduk,” ujar Senior Manager Humas, Protokoler & PKBL, Cholik Mochamad Zamzam, kepada¬†detikFinance, pekan lalu.

Bila dilihat dari luar kereta, warna dan desain antara kereta ekonomi dan eksekutif tak jauh berbeda. Perbedaan terletak pada jumlah kursi yang lebih sedikit untuk kereta eksekutif, sehingga penumpang bisa lebih nyaman menempuh perjalan jarak jauh.

“Jika dilihat, untuk K1 (eksekutif) K3 (ekonomi) secara tampilan luar sama, tapi kalau dari luar orang tidak tahu itu K3 atau K1. Kalau dulu dari warna kereta sudah kelihatan mana K1 atau mana K3,” sebutnya.

“Sekarang yang dibedakan adalah warna pintu, untuk pintu K3 berwarna oranye, sedangkan pintu K1 berwarna biru. Untuk fasilitas sama pake AC, hanya saja jumlah kursinya beda. Jumlah kursi ekonomi lebih banyak walaupun sekarang sudah lebih nyaman untuk jarak jauh,” ujarnya.

Source Bikin Kereta Ekonomi Rasa Eksekutif, INKA: Sekarang Duduk Lebih Nyaman

Leave A Reply

Your email address will not be published.