BICT Semakin Ramai oleh Kapal Internasional

29

10 Februari 2018 —¬†Terminal peti kemas Belawan International Container Terminal (BICT) yang berlokasi di ujung Gabion Belawan semakin semarak oleh ramainya kunjungan kapal pelayaran internasional. Kecepatan layanan bongkar muat oleh personel BICT terhadap pengguna jasa menjadi pendorong bertambah ramainya kunjungan kapal internasional ke terminal peti kemas terkemuka di luar Pulau Jawa itu.

Tingkat layanan tersebut tidak terlepas dari upaya manajemen yang secara terus menerus melakukan pembenahan alat bongkar muat maupun pembenahan sumber daya manusia (SDM).

Selama kurun waktu tiga tahun terakhir arus kunjungan kapal yang mengarungi pelayaran internasional terus meningkat. Selama tahun 2015 jumlah kapal pelayaran internasional yang menyinggahi terminal peti kemas BICT tercatat sebanyak 500 call. Jumah ini naik sekitar 3,30 persen atau 16 call dibanding tahun 2014.

Memasuki dekade 2016 arus kunjungan kapal internasional yang melakukan aktivitas bongkar muat di terminal peti kemas Pelindo 1 itu sebanyak 534 call atau naik sekitar 6,8 persen atau 34 call. Kemudian tahun 2017 naik lagi menjadi 547 call atau naik sekitar 2,43 persen atau 13 call.

Sistem berthing windows yang telah diterapkan Pelindo 1 di terminal peti kemas BICT tampaknya sangat mendukung terwujudnya kelancaran arus bongkar muat yang sudah pasti mendongkrak lonjakan kunjungan kapal di BICT. Dengan diterapkannya sistem berthing windows maka pengaturan pelayaran kapal bisa secara terjadwal untuk masuk dan menggunakan fasilitas pelabuhan, sehingga aktivitas bongkar muat dapat lebih terencana.

Terdongraknya arus kunjungan kapal internasional di BICT sebagai hasil dari penerapan berthing windows diakui oleh General Manager BICT Aris Zulkarnain. “Ada tambahan 2 kapal setiap bulan yang mengisi berthing windows yang telah ada sehingga jumlah kapal yang menyinggahi terminal peti kemas BICT terus meningkat,” kata Aris melalui juru bicaranya Tengku Irfansyah kepada MedanBisnis, Jumat.

Ketua Badan Pengurus Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia ( BP GPEI) Sumut Khairul Mahalli mengakui tingkat layanan di BICT semakin baik sehingga pengusaha ekspor dan impor juga meningkatkan aktivitasnya di terminal peti kemas BICT yang secara otomatis meningkatkan jumlah kapal yang melakukan aktivitas di BICT.

“Kami berharap Pelindo 1 selaku pengelola BICT bisa lebih meningkatkan pelayanan dengan melakukan pembenahan SDM,” katanya.

Menurut Khairul yang juga Ketua Umum BP GPEI Pusat dan Koordinator ALFI Sumatera itu, alat bongkar muat di BICT sudah memadai untuk saat ini. Kendati demikian, kata dia, Pelindo 1 harus sudah mempersiapkan penambahan alat apalagi saat ini dermaga peti kemas di BICT sedang dibangun sepanjang 700 meter.

Source BICT Semakin Ramai oleh Kapal Internasional

Leave A Reply

Your email address will not be published.