Bertepatan Hari Buruh, GM Pelindo III Blusukan Malam di Pelabuhan

29

02 Mei 2016

Surabaya – Peringatan Hari Buruh yang jatuh pada Minggu, 1 Mei, tidak melulu identik dengan demo atau aksi di jalanan. Namun, dapat diperingati dengan cara lain. Hal tersebut seperti dilakukan oleh para manager Pelindo III yang blusukan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, pada malam peringatan Mayday tersebut, Sabtu (30/4).

General Manager Pelindo III Tanjung Perak Joko Noerhudha bersama Deputi dan jajaran manager menginspeksi sejumlah terminal barang di pelabuhan yang menjadi gerbang logistik kawasan Indonesia Timur tersebut Pada kesempatan tersebut, mereka menyapa hangat para pekerja bongkar muat atau frontliner yang sedang dalam giliran kerja malam.

”Kami ingin mendengarkan secara langsung keluh kesah serta aspirasi dari para pekerja,” ujar Joko Noerhudha.

Acara yang bertajuk ‘Manajemen Menyapa’ tersebut memang baru pertama kali diadakan.

Tujuannya, untuk menyerap aspirasi para pekerja seperti operator alat bongkar muat, plannerforeman, dan petugas security serta petugas gate. Joko bersama jajarannya berkeliling ke Terminal Nilam, Terminal Jamrud, dan Terminal Kalimas. Tak pelak, kunjungan orang nomor satu di Pelabuhan Tanjung Perak tersebut membuat para pekerja kaget sekaligus senang.

“Saya tidak menyangka Pak GM akan datang,” kata Imam Kusuma Handoyo,

salah seorang petugas lapangan di Terminal Nilam Konvensional. Momen tersebut dijadikan kesempatan oleh Imam untuk menyampaikan unek-uneknya. Ia berharap agar kendaraan operasional dapat ditambah jumlahnya, sehingga proses kerja dapat lebih cepat lagi.

”Dengan adanya kendaraan pick-up untuk operasional sehari-hari, akan membuat lebih cepat dalam menyelesaikan pekerjaan,” katanya.

Selain itu, beberapa petugas lainnya menyampaikan harapan lainnya, seperti penambahan tenaga kerja dan hingga teknis operasional lainnya. Joko Noerhudha beserta tim langsung memberikan jawaban, keputusan dan solusi terhadap permasalahan-permasalahan tersebut.

“Kesempatan dialog langsung yang kebetulan bertepatan dengan momen Hari Buruh ini dimanfaatkan manajemen Pelindo III untuk tidak hanya manyapa langsung dari akar rumput, tetapi juga segera memberikan solusi. Agar pelayanan kepada pengguna jasa semakin baik,” kata Joko sambil tersenyum.

Joko juga sekaligus memeriksa sejumlah fasilitas pelabuhan, seperti kesiapan alat bongkar muat, bangunan, hingga IT (Informasi Teknologi) seperti Spindroid di Terminal Mirah. Sehingga apabila terdapat permasalahan dapat segera diselesaikan. Aplikasi spindroid adalah aplikasi IT yang ada pada platform android untuk memonitor kegiatan bongkar maut peti kemas. Blusukan para manager Pelindo III di Pelabuhan Tanjung Perak diakhiri dengan makan nasi bungkus bersama di sisi kantor lapangan penumpukkan peti kemas Terminal Jamrud Utara.

“Jangan dilihat nasi bungkusnya, tapi kebersamaannya,” ucap Joko.

Source Bertepatan Hari Buruh, GM Pelindo III Blusukan Malam di Pelabuhan

Leave A Reply

Your email address will not be published.