Bersiap Hadapi Kemarau, Perhutani Kuningan Gelar Apel Siaga Dalkarhutla Bersama Stakeholder

11

KUNINGAN, PERHUTANI (28/07/2019) | Menghadapi musim kemarau panjang pada tahun ini, Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kuningan menggelar apel siaga Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Dalkarhutla) bersama puluhan peserta dari Forkopimcam dan masyarakat sekitar hutan, Sabtu (27/7), bertempat di lapangan Desa Wanasaraya, Kecamatan Kalimanggis, Kabupaten Kuningan.

Apel siaga ini dihadiri oleh Administratur KPH Kuningan Uum Maksum, Kapolsek Cidahu Yayat Hidayat, Danramil Cidahu Ujang Sumisjana, Camat Cidahu Rusmiadi, Kepala Desa Cihirup Kenda Rosada, Kepala Desa Wanasaraya D. Krisna Suhendar, Kepala BPBD Kabupaten Kuningan Agus Mauludin, Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Cihirup dan LMDH Wanasaraya. Jumlah peserta mencapai ratusan orang yang terdiri dari anggota LMDH sebanyak 25 orang, Satgas Damkar 60 orang, tokoh masyarakat beserta masyarakat sekitar hutan dari Desa Cihirup dan Desa Wanasaraya sebanyak 78 orang, dan lain-lain.

Dalam sambutannya Administratur KPH Kuningan Uum Maksum mengajak masyarakat desa sekitar hutan untuk bersama-sama mencegah agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan pada saat musim kemarau panjang tahun ini. Perhutani dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) sudah bekerja sama untuk rutin melaksanakan sosialisasi pada masyarakat agar senantiasa dan bertanggung jawab dalam menjaga hutan dan melestarikannya agar tidak terjadi kebakaran.

“Pencegahan yang dimulai sejak dini penting sekali, mengingat hutan dan lahan di daerah Perhutani banyak ditumbuhi semak belukar. Persiapan dalam pencegahan kebakaran hutan yang telah dilakukan antara lain membentuk Posko Siaga Bencana dan melakukan restorasi lahan belukar agar tidak terjadi kebakaran hutan di areal tersebut,” ungkapnya.

Source Bersiap Hadapi Kemarau, Perhutani Kuningan Gelar Apel Siaga Dalkarhutla Bersama Stakeholder

Leave A Reply

Your email address will not be published.