Bersama Telkom, Startup Berpeluang Sukses di Pasar

17

11 Agustus 2015 – Produk aplikasi atau perangkat lunak yang dihasilkan Startup alias Industri Kreatif Digital (IKD) lokal berpeluang diserap pasar dengan dukungan infrastruktur dan mentoring yang tepat.

“Saya mengelola bisnis Telkom untuk segmen Enterprise, Usaha Kecil dan Menengah (UKM), serta pemerintah. Ternyata dari ketiga segmen tersebut banyak sekali permitaan untuk aplikasi dan software yang belum bisa kami penuhi. Tentu ini peluang bagi startup lokal bersama Telkom,” ungkap Direktur Enterprise dan Business Services Telkom Muhammad Awaluddin dalam roadshow ke Digital Lounge (DiLo) Malang, Jumat (7/8) lalu. Awaluddin yang juga Founder and Chairman Indonesia Digital Society Forum (IDSF) sebelumnya telah melakukan roadshow ke roadshow ke komunitas Startup yang dibina Telkom di Bandung, Yogyakarta, dan Jakarta. Malang dipilih karena di creative camp yang dibina Telkom itu salah satu yang teraktif di Indonesia. Menurut Awal, selama ini Telkom menggunakan sebagian aplikasi dan software yang dibuat oleh perusahaan besar dari luar negeri untuk para mitranya.

“Selain sangat mahal kadang kurang cocok dengan kebutuhan disini, lalu saya pikir kenapa tidak mencari developer dan software dari lokal saja. Karena itu saya sekarang rajin roadshow menemui komunitas startup di berbagai kota. Ayo gabung bersama Telkom menggarap pasar yang besar ini,”paparnya. Dikatakannya, jika sebelumnya Telkom sudah membantu pelaku IKD di fase Inkubasi dan Akselerasi, melalui melalui tiga Divisi yang berada dibawah kepemimpinan mantan Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) 2013-2015 ini mengajak pelaku IKD untuk “Go to Market”. “Luasnya jaringan pemasaran Telkom memberikan kesempatan yang sangat baik bagi Startup untuk mengakses pasar. Kami sudah buktikan itu salah satunya dengan Jarvis Store,” katanya. Jarvis Store merupakan aplikasi yang membantu UKM membangun platform eCommerce atau toko online secara mudah yang dapat diaplikasikan di berbagai perangkat.

Layanan yang disediakan Jarvis Store mencakup pembuatan platform eCommerce, strategi digital, desain, teknologi dan media. “Sekarang ada sekitar 3.092 UKM memanfaatkan Jarvis Store. Kami bantu dari sisi masuk ke pasar dengan disertakan dalam program Kampung UKM Digital salah satunya. Ini bukti konsep Bridging,Chanelling, dan Accelerating (BCA) dari Telkom untuk startup masuk ke pasar itu proven. Kami punya banyak proyek yang bisa menjadi langkah awal bagi startup mengakses pasar,” katanya.

Source Bersama Telkom, Startup Berpeluang Sukses di Pasar

Leave A Reply

Your email address will not be published.