Bersama Stakeholder, Perhutani Purwakarta Gelar Apel Siaga Dalkarhutla

13

PURWAKARTA, PERHUTANI (27/07/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Purwakarta menggelar apel siaga Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Dalkarhutla) tahun 2019 di Taman Wisata Bukit Cinta petak 45b Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Cibatu, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Sadang, Jumat (26/07).

Apel siaga dihadiri oleh Kepala Departemen Perlindungan dan Pengelolaan Sumber Daya Hutan (PPSDH) Divisi Regional Jawa Barat dan Banten (Divre Janten) Bambang Juriyanto, Administratur KPH Purwakarta Arsis Sulistyono, Liaison Officer (LO) Divre Janten AKBP Suhandiyono, Pabin Polhutmob KPH Purwakarta AKBP Yonif Ernando, perwakilan Kecamatan Cibatu, perwakilan Koramil Cempaka, perwakilan Polsek Cempaka dan perwakilan Desa Wanawali.

Sebanyak 110 orang peserta mengikuti apel tersebut antara lain segenap Asisten Perhutani (Asper), Kepala Resort Polisi Hutan (KRPH), Polisi Teritorial (Polter), Danru beserta anggota Polhutan, dan Satuan Tugas Pengendalian Kebakaran (Satgasdalkar).

Administratur KPH Purwakarta, Arsis Sulistyono menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mengantisipasi kebakaran pada musim kemarau. Ia menambahkan, KPH Purwakarta memiliki tim pengendali kebakaran hutan di masing-masing wilayah atau asperan yang dapat meminimalisir gangguan kebakaran hutan. Ia pun meminta agar jajarannya selalu menjadi yang pertama dalam melaporkan setiap terjadi bencana.

“Kita harus menjadi yang pertama melaporkan setiap kejadian tersebut dengan informasi yang cepat, tepat, akurat dan lengkap kepada pimpinan manajemen. Kejadian kebakaran hutan tahun 2019 mudah-mudahan semakin berkurang dibanding tahun–tahun sebelumnya,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu pula dilakukan penyerahan alat manual untuk menanggulangi kebakaran (gacok) dan alat Pemadam Api Ringan (Apar) kepada petugas Polhutan dan perwakilan masyarakat sekitar hutan. Diharapkan alat tersebut membantu para petugas di lapangan menanggulangi sumber kebakaran dengan lebih cepat.

Source Bersama Stakeholder, Perhutani Purwakarta Gelar Apel Siaga Dalkarhutla

Leave A Reply

Your email address will not be published.