Bersama Mitra Gelar Sosialisasi, JR Bali Terus Mantapkan Sistem Pelayanan

53

14 Februari 2018, Humas Bali — Jasa Raharja Cabang Bali melalui Kepala Perwakilan Singaraja, I Made Astika menggelar Sosialisasi UU 33/34 Tahun 1964 terkait hak dan kewajiban serta prosedur pengurusan santunan korban kecelakaan lalu lintas sekaligus sosialisaai  E-Samsat dengan mitra kerja terkait dari Kepolisian, Bapenda Prov. Bali dan BPJS Kesehatan di Kabupaten Buleleng Singaraja, dengan mengundang Forum Komunikasi Desa/Lurah se-Kab. Buleleng Rabu, (14/2).

Dalam sosialisasi tersebut, I Made Astika meyampaikan komitmen Jasa Raharja dalam memberikan pelayanan maksimal terus diupayakan sebaik mungkin oleh Pemerintah. Salah satunya pendataan, penanganan, pelayanan dan penyelesaian santunan korban kecelakaan lalu lintas yang berada dibawah naungan sinergi antara PT Jasa Raharja (Persero), Kepolisian, Rumah Sakit, BPJS Kesehatan serta Badan Pendapatan Daerah Prov. Bali yang berada di Singaraja.

Disampaikan juga bahwa proses penanganan yang cepat dan tepat, apalagi  informasi laka lantas telah disinkronisasikan dengan pihak kepolisian secara online melalui aplikasi IRSMS sehingga Jasa Raharja dapat segera menindaklanjuti hingga pembayaran hak santunan kepada korban/keluarga korban.

“Kami berkomitmen untuk melaksanakan prinsip jemput bola. Artinya seluruh petugas bekerja secara proaktif melayani masyarakat, didukung dengan sikap PRIME yakni Proaktif, Ramah, Ikhlas, Mudah dan Empati,”paparnya. Made Astika juga menyampaikan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 15 & 16 Tahun 2017 tentang Perubahan Besar Santunan terhadap korban laka lantas yang naik 100% tanpa adanya kenaikan premi sumbangan wajib maupun iuran wajib yang sudah diberlakukan pada Juni  2017 yang lalu. Nilai santunan bagi korban meninggal dunia untuk darat dan laut  menjadi 50 juta rupiah, korban luka luka maksimal biaya perawatan menjadi 20 juta rupiah kecuali udara maksimal 25 juta rupiah.

Disamping itu kepada peserta sosialisasi juga disampaikan terdapat manfaat penambahan santunan berupa biaya ambulans maksimal sebesar 500 ribu rupiah dan biaya P3K maksimal sebesar 1 juta rupiah. Perlu digaris bawahi bahwa kenaikan nilai santunan ini tidak diikuti dengan kenaikan premi, baik berupa Iuran Wajib (IW) alat angkutan penumpang umum maupun Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Sementara narasumber dari kepolisian mewakili Kapolres Buleleng hadir Kanit Lakalantas IPTU Oktamawan Abrianto, dalam kesempatan tersebut  menghimbau masyarakat proaktif dan jangan takut melaporkan kejadian kecelakaan kepada polisi agar bisa diberikan hak santunannya oleh Jasa Raharja. “Saat ini terus diupayakan pengurusan Laporan Polisi dalam jangka waktu lebih singkat demi tercapainya proses pelayanan cepat,  sinergisitas dengan Jasa Raharja sampai saat ini berlangsung sangat baik,”sebutnya.

Sedangkan dari BPJS Kesehatan Singaraja hadir Kepala Bidang Pelayanan Managemen Primer  Kedek Budi Astawan menyebutBPJS sudah Mou dengan Jasa Raharja. Jasa Raharja adalah sebagai penjamin pertama korban kecelakaan lalu lintas terjamin yang dirawat di rumah sakit dibuatkan surat jaminan untuk overbooking dengan nilai maksimal yang telah ditentukan. Setelah itu apabila masih ada biaya rawatan melebihi yang dapat ditanggung Jasa Raharja, maka disitulah peserta JKM bisa memperoleh jaminan BPJS dalam hal ini sebagai penjamin kedua.

“Tetapi bila jenis kecelakaan yang dialami adalah diluar jaminan Jasa Raharja, sebut saja kecelakaan tunggal, maka BPJS disini akan berperan sebagai penjamin pertama dan yang berhak mendapatkan jaminan BPJS adalah masyarakat yang terdaftar sebagai peserta JKM,” paparnya.

Bapenda Provinsi Bali di Kab. Buleleng hadir Kasi PKB Bapenda Samsat Buleleng Gusti Ngurah Darmika mewakili Kepala UPT Bapenda Prov. Bali di Kab. Buleleng, memaparkan terkait dengan inovasi kemudahan pelayanan bayar pajak kendaraan bermotor  dengan E-Samsat Nasional dan E-Samsat Bali, serta tata cara mengunakan aplikasi tersebut. Pembayaran E-Samsat Bali dapat dilakukan melalui 4 chanel yaitu pertama melalui Mobile Banking, Kedua Internet Banking, Ketiga ATM Bank BPD serta yang keempat melalui teller Bank BPD.

Source Bersama Mitra Gelar Sosialisasi, JR Bali Terus Mantapkan Sistem Pelayanan

Leave A Reply

Your email address will not be published.