Berkumpul di Mandalika-Bergerak untuk Indonesia

20

Siaran Pers

Nomor: PR-02/S.MBU.3/1/2017

Bagian Humas dan Protokol

Gedung Kementerian BUMN Lantai 12

Jalan Medan Merdeka Selatan No. 13 Jakarta 10110

Telepon (021) 29935678, Faksimile (021) 29935775

Berkumpul di Mandalika, 123 BUMN Tegaskan Komitmen Bergerak Untuk Indonesia

Sebagai perpanjangan tangan bangsa yang siap merangkul masyarakat, serta sebagai kaki yang kuat dan lincah dalam membawa Indonesia menjadi pemenang di kancah persaingan global, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menjelma menjadi salah satu kekuatan yang patut diandalkan dalam meningkatkan kualitas hidup bangsa Indonesia. Melalui Kementerian BUMN sebagai pengelola, BUMN terus berupaya dan menginisiasi berbagai kegiatan agar masyarakat merasakan manfaat kehadirannya.

BUMN terus tumbuh dan berkembang memberikan sumbangan bagi perekonomian nasional, utamanya melalui penyediaan barang dan jasa yang bermutu tinggi dan memadai bagi pemenuhan hajat hidup masyarakat. BUMN juga menjadi perintis berbagai kegiatan usaha yang belum tersentuh oleh sektor swasta, serta turut aktif memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengusaha golongan ekonomi lemah, koperasi dan masyarakat.

Dalam upaya mengantisipasi perkembangan zaman, Kementerian BUMN melalui BUMN-BUMN sebagai bagian dari masyarakat terus berupaya untuk hadir di tengah-tengah publik. Salah satu upaya yang dilakukan Kementerian BUMN dan BUMN untuk merealisasikan hal tersebut adalah dengan kiprah nyata melalui kegiatan “BUMN Hadir Untuk Negeri.” Selama dua tahun terakhir, Kementerian BUMN telah menginisiasi pelaksanaan kegaitan “BUMN Hadir Untuk Negeri” dengan fasilitasi oleh perusahaan BUMN yang memiliki wilayah kerja di seluruh Indonesia.

Sepanjang tahun 2016 lalu, Kementerian BUMN telah melaksanakan kegiatan “BUMN Hadir Untuk Negeri” di antaranya di Parapat, Sumatera Utara; Garut, Jawa Barat; Wonosobo, Jawa Tengah; Labuan Bajo, NTT; dan Cilacap, Jawa Tengah. Perhatian BUMN terhadap masyarakat tersebut dicurahkan melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Melalui PKBL, BUMN aktif memberikan bantuan baik di bidang pariwisata, pendidikan, infrastruktur dan lain sebagainya, yang semua bertujuan untuk menggenjot roda perekonomian masyarakat.

Mengawali tahun 2017, tanpa membuang waktu Kementerian BUMN kembali melaksanakan program “BUMN Hadir Untuk Negeri.” Kali ini kawasan Mandalika di Lombok terpilih menjadi lokasi pelaksanaan kegiatan. “Pemilihan kawasan Mandalika merupakan bentuk dukungan BUMN terhadap program pemerintah untuk melakukan percepatan pembangunan destinasi pariwisata Mandalika sebagai destinasi halal tourism terbaik dunia, sekaligus sebagai destinasi wisata cruise,” ujar Menteri BUMN Rini M. Soemarno.

Berlangsung selama 3 hari pada 26 sampai dengan 27 Januari 2017, kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Mandalika mengambil tajuk “Berkumpul di Mandalika, Bergerak Untuk Indonesia.” Acara ini juga menandai peringatan ulang tahun bersama 21 BUMN pada bulan Desember dan Januari, dan dihadiri oleh 121 direktur utama BUMN. Diisi dengan berbagai kegiatan mulai dari rapat koordinasi, Fun Walk dan penyerahan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR), BUMN Hadir Untuk Negeri di Mandalika berlangsung di empat lokasi yakni di Tanjung Aan, Bukit Meresek, Desa Ende dan Desa Sembalun, Rinjani.

Menteri Rini menjelaskan, terkait dengan pengembangan Mandalika sebagai destinasi utama berstandar internasional yang membutuhkan dukungan sektor atraksi, aksesibilitas dan amenitas, BUMN menyerahkan bantuan CSR dengan nilai total mencapai Rp 8,5 miliar.

“Bantuan yang diberikan oleh BUMN demi kemajuan kawasan Mandalika ini terdiri dari bantuan CSR di bidang lingkungan, pendidikan dan pemberdayaan SDM, bidang sosial (seni dan budaya), serta bidang infrastruktur. Kami harapkan bantuan ini menjadi bukti dimana kehadiran BUMN bagi negeri dapat mendorong berkembangnya kawasan Mandalika sebagai salah satu destinasi pariwisata utama baru yang dicanangkan Presiden Jokowi, sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar Mandalika,” tuturnya.

Selain diisi dengan penyerahan bantuan CSR demi kemajuan pariwisata Mandalika, acara BUMN Hadir Untuk Negeri juga ditandai dengan peresmian signage “Kuta Mandalika” di pantai Lombok Tengah oleh Menteri BUMN. Kehadiran signage tersebut diharapkan dapat makin menarik minat calon wisatawan sekaligus menjadi ikon baru kawasan pariwisata Mandalika.

Informasi lebih lanjut hubungi:

Teddy Poernama

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol

Email: [email protected], [email protected]

Telp. 081222550444

Source Berkumpul di Mandalika-Bergerak untuk Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.