Berdayakan Putra Putri Terbaik Bangsa, PLN Jalin Kerjasama dengan Perguruan Tinggi

32

Jayapura 17 Maret 2016 – Sebagai upaya untuk mengoptimalkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) diseluruh Indonesia, PLN melakukan rekrutmen pegawai melalui program kerjasama dengan sejumlah Perguruan Tinggi (PT) yang tersebar di Indonesia. Hal ini dilakukan sebagai bentuk sinergi PLN dan PT untuk meningkatkan kualitas SDM diseluruh Indonesia.

Pada Kamis, 17 Maret 2016, PLN kembali menandatangani kerjasama penyelenggaraan Program Pendidikan Diploma Tiga Kerjasama (D3K) serta Program Pendidikan dan Penelitian Listrik dengan Universitas Cendrawasih (UNCEN), Politeknik Negeri Manado (POLIMDO), Politeknik Negeri Ambon (POLNAM), dan Politeknik Negeri Kupang (PNK).

Penandatangan Nota Kesepahaman Kerjasama ini dilakukan oleh Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali dengan Rektor UNCEN Dr. Onesimus Sahuleka SH, M.Hum, Direktur POLIMDO Ir. Jemmy Julles Rangan, MT, Direktur POLNAM Ir. M.V Putuhena, ST, MT, dan Direktur PNK Nonce Farida Tuati, SE., M.Si, disaksikan oleh Direktur Utama PLN Sofyan Basir di Jayapura.

Program Pendidikan D3K yang diselenggrakan untuk bidang Teknik Elektro ini bertujuan untuk memperoleh lulusan D3 yang siap bekerja dan memiliki kompetensi cukup sebagai Pegawai PLN. Seluruh calon peserta Program Pendidikan D3K akan mengikuti seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru oleh PT bersama PLN, antara lain seleksi administrasi, tes kemampuan akademik, tes psikologi, tes kesehatan dan wawancara. Penerimaan mahasiswa baru dimaksud dilakukan mulai tahun akademik 2016/2017 hingga 2018/2019.

Seluruh peserta akan mengikuti program pendidikan D3K maksimum selama 6 (enam) semester dan wajib melakukan magang selama maksimum 6 (enam) bulan di PLN, serta wajib menyusun tugas akhir yang berkaitan dengan proses bisnis PLN. Selain langsung merekrut mahasiswa lulusan program ini, PLN juga akan memberikan beasiswa pedidikan untuk tiga peserta terbaik.

“Melalui program kerjasama yang saling menguntungkan ini, bagi PLN merupakan upaya rekruitmen dini sedangkan bagi Perguruan Tinggi tentu diharapkan akan menambah value karena lulusan Program D3K ini akan langsung diterima menjadi pegawai PLN dan disisi lain juga kita berdayakan putra putri daerah yang akan dididik menjadi tenaga-tenaga yang berkualitas dan handal untuk PLN hari ini dan masa depan,” papar Sofyan Basir.

Dalam sambutannya, Gubernur Papua yang diwakili oleh Kepala Inspektorat Provinsi Papua Drs. Anggiat Situmorang, M.SE memberikan apresiasi kepada PLN yang peduli dengan dunia pendidikan, khususnya untuk mengembangkan potensi SDM yan ada di tanah Papua.

“Kerjasama ini akan membuka lapangan pekerjaan bagi adik-adik yang saat ini menimba ilmu elektro, di beberapa universitas termasuk di Universitas Cendrawasih,” kata Anggiat Situmorang. Sejak 2012, terdapat 11 PTN yang sudah menjalin kerjasama dengan PLN, diantaranya adalah:

1. Politeknik Negeri Medan
2. Politeknik Negeri Padang
3. Politeknik Negeri Sriwijaya
4. Politeknik Negeri Jakarta
5. Politeknik Negeri Bali
6. Politeknik Negeri Malang
7. Politeknik Negeri Semarang
8. Politeknik Negeri Ujung Pandang
9. Fakultas Teknik Universitas Diponegoro
10. Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada
11. Sekolah Tinggi Teknik PLN

Selain beberapa PT diatas, PLN juga akan menjalin kerjasama serupa dengan Politeknik Elektonika Negeri Surabaya – Institut Teknologi Sepuluh November (PENS ITS), dan Politeknik Negeri Bandung (POLBAN). Dengan demikian, total kerjasama Penyelenggaraan Program Pendidikan D3K PLN menjadi 17 Perguruan Tinggi. Program kerjasama ini dilaksanakan guna mendukung kinerja PLN sehingga program pembangunan pembangkit 35.000 MW dan transmisi 46.000 kms dapat tercapai pada 2019.

Kontak :
Agung Murdifi
Manajer Senior Public Relations
Tlp. 021 7251234
Facs. 021 7227059
Email. [email protected]

Source Berdayakan Putra Putri Terbaik Bangsa, PLN Jalin Kerjasama dengan Perguruan Tinggi

Leave A Reply

Your email address will not be published.