Berburu Ungker Di hutan Perhutani Purwodadi

17

PURWADADI, PERHUTANI (13/12/2015) | Kabupaten Grobogan yang terkenal dengan hutan jatinya yang dikelola oleh Perum Perhutani Purwodadi, setiap tahun pada masa peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan, warga di sekitar hutan mengalami panen ungker (kepompong dari ulat daun jati.) Sebutan bagi si kepompong ulat daun jati. Walaupun tergolong hama, banyak orang menantikan kemunculan ungker. Bagi penggemarnya, ungker adalah makanan lezat, khas, dan kini kian langka.

Selain terkenal dengan makanan Swike (makanan berbahan daging katak) Kabupaten grobogan juga terkenal dengan makanan olahan musiman ini, Ungker dipercaya merupakan serangga yang memiliki kandungan protein yang sangat tinggi selain belalang kayu dan baik untuk kesehatan.

Di awal musim penghujan di bulan november hingga desember daun pohon jati akan mulai tumbuh setelah sebelumnya dimusim kemarau menggugurkan daunnya. Disaat daun jati bersemi itulah ulat-ulat mulai merajalela memakan daun jati hingga tersisa rangka-rangka daun jati sehingga pohon jati akan nampak gundul. Namun merajalela-nya ulat yang menghabiskan daun pohon jati justru merupakan salah satu berkah dari penduduk karena ulat tersebut ketika menjadi kepompong atau disana disebut dengan enthung/ ungker biasa dijadikan makanan yang lezat.

Source Berburu Ungker Di hutan Perhutani Purwodadi

Leave A Reply

Your email address will not be published.