Belajar Cara Sadap Getah Damar Di Hutan Wlingi Blitar

16

BLITAR, PERHUTANI (31/5/2016) | Kopal adalah getah yang berasal dari hasil sadapan pohon Damar (Agathis dammara). Getah Damar atau Kopal adalah salah satu produk hasil hutan non-kayu yang dihasilkan Perum Perhutani KPH Blitar Jawa Timur. Tiga puluh dua siswa angkatan ke II Pendidikan Dasar Hasil Pemanenan Hasil Hutan dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan (PUSDIKLAT) Sumberdaya Manusia Perum Perhutani Madiun, belajar praktik pemanenan hasil hutan getah kopal dari pohon Damar di petak 36a, Resort Polisi Hutan (RPH) Tembalang, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Wlingi, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Blitar beberapa waktu lalu (26/5).

Praktik ini bertujuan untuk mengenal dan menentukan mutu getah kopal yang baik yaitu mutu Utama (U) dan mutu Pertamax (P). Selain siswa juga belajar tentang cara menentukan umur tegakan yang disadap, pembagian areal sadapan (blok), pemberian nomor pohon, pembersihan areal sadapan dan pembuatan pola sadapan. Diharapkan siswa mampu menerapkan ilmu yang dipelajari di Pusdiklat sesuai di lapangan sehingga mutu getah yang dihasilkan sesuai mutu yang ditentukan.

Administratur Perhutani KPH Blitar, Haris Suseno berpesan kepada siswa yang belajar di KPH Blitar tersebut agar lebih semangat, ulet, dan tekun dalam mengikuti praktik, sehingga kedepannya mampu menentukan mutu getah kopal yang baik untuk meningkatkan pendapatan Perusahaan.

Source Belajar Cara Sadap Getah Damar Di Hutan Wlingi Blitar

Leave A Reply

Your email address will not be published.