Begini Kabar Terbaru Pesawat Nurtanio yang Seluruhnya Dirakit Anak Bangsa

24

Semarang, 02 April 2018 —¬†Pesawat N219 yang sempat mengudara menjelang hari kemerdekaan tahun 2017 lalu menjadi kebanggaan bangsa ini. Pesawat itu seluruhnya dirakit oleh anak bangsa tanpa melibatkan pihak luar, dengan komponen lokal hingga 40 persen.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir menjelaskan, pesawat N-219 hingga saat ini masih melakukan flight test atau tahap uji terbang. Ditargetkan pada akhir tahun 2018, uji terbang itu selesai dan berlanjut ke komersialisasi.”Mudah-mudahan akhir 2018 sudah (mulai) komersialisasi,” ujar Nasir, saat di Semarang, Kamis (29/3/2018) lalu.

Pasca diluncurkan, pesawat itu harus diuji kelayakannya dengan melakukan uji terbang selama 300 jam. Komponen lokal 40 persen dan komponen impor 60 persen di dalam pesawat harus diuji kelayakannya.

Uji kelayakan terbang itu menjadi salah satu syarat mendapat sertifikasi layak terbang dari Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU). Dengan sertifikat itu, proses produksi secara massal baru boleh dilakukanTerkait pangsa pasar pesawat itu, Nasir mengaku pesawat dengan spesifikasi seperti N219 diminati industri penerbangan, baik dalam maupun luar negeri. Menurut dia, pasar pesawat itu untuk sementara potensial sebanyak 200 unit pesawat.

Namun demikian, kapasitas produksi di hanggar pesawat di PT Dirgantara Indonesia maksimal 36 unit pertahun.”Berarti, kalau 200 unit selesainya sekitar lima tahun. Maka, ekspansi untuk mempercepat pemenuhan kebutuhan pasar itu,” ucapnya.

N219 adalah pesawat komersilturboprop (baling-baling) bermesin ganda, dengan kapasitas 20 penumpang.
Pesawat itu hasil kerja sama LAPAN dan PTDI l.

Source Begini Kabar Terbaru Pesawat Nurtanio yang Seluruhnya Dirakit Anak Bangsa

Leave A Reply

Your email address will not be published.