Beasiswa Pktpp Kembali Seleksi Calon Peserta Didik Tingkat Sd Hingga Sma

12

30 April 2019 | Mengawali program beasiswa Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan (PKTPP) tingkat SD hingga SMA tahun ajaran 2019/2020, Pupuk Kaltim gelar Tes Potensi Akademik (TPA) dan Psikotest bagi puluhan siswa bufferzone yang dinyatakan lolos administrasi, guna menyaring 25 pelajar terbaik untuk menimba ilmu pada setiap jenjang pendidikan di sekolah milik Yayasan Pupuk Kaltim (YPK). Seleksi dilaksanakan di Ruang Pertemuan SMP YPK pada 29 April 2019. Seleksi tahun ini diikuti 59 peserta untuk tingkat SD, 19 peserta tingkat SMPdan 14 peserta untuk tingkat SMA, dengan porsi penerimaan jenjang SD sebanyak 10 peserta, SMP 10 peserta dan tingkat SMA 5 peserta.

Manager CSR Pupuk Kaltim Dwi Pudyasmoro menuturkan, program ini merupakan komitmen nyata Pupuk Kaltim memajukan dunia pendidikan Bontang, dengan memberikan akses pendidikan berkualitas menuju terbentuknya SDM Bontang yang unggul dan berdaya saing, khususnya bagi anak-anak yang tinggal di bufferzone Perusahaan, seperti Loktuan dan Guntung. Program ini diperluas dengan mencakup peserta didik tingkat SMA, tak hanya bagi dari bufferzone, tapi menyeluruh bagi peserta didik se-Bontang. “’Beasiswa jenjang SD dan SMP khusus diperuntukkan bagi warga bufferzone, tapi untuk tingkat SMA (kepesertaan) umum se-Bontang,’” ujar Dwi.

Dijelaskan Dwi, ada tiga tahapan seleksi yang wajib dilalui para calon penerima beasiswa, mulai seleksi peserta tingkat sekolah masing-masing berdasarkan prestasi akademik. Selanjutnya YPK selaku pemegang mandat pengelola program akan menyeleksi TPA dan psikotes siswa yang tersaring di tingkat sekolah, hingga tahap akhir para peserta yang dinyatakan lolos TPA dan Psikotest, berhak atas beasiswa PKTPP untuk mengenyam pendidikan di YPK. Meski pihaknya tak menuntut prestasi atau capaian tertentu kepada penerima beasiswa, namun pihaknya dipastikan Dwi tetap akan dilakukan monitoring untuk melihat catatan akademik siswa di setiap semester. “Beasiswa mencakup seluruh aspek, mulai pemenuhan seragam sekolah, buku teks pelajaran, biaya pendidikan dan biaya lain yang terkait. Semua ditanggung Pupuk Kaltim, selama itu berkaitan dengan pendidikan,” papar Dwi.

Mewakili Manajemen Pupuk Kaltim, GM Umum Pupuk Kaltim Nur Sahid, memastikan Perusahaan terus berkomitmen mendukung kemajuan dunia pendidikan di Kota Bontang dan Kalimantan Timur dengan menyediakan akses pendidikan berkualitas dan bantuan biaya pendidikan. Program ini bukti keseriusan Pupuk Kaltim mendukung visi Smart City yang digaungkan Pemerintah Kota Bontang, dalam mencetak SDM yang andal dan berkualitas.

Begitu juga dipilihnya YPK sebagai sarana pendidikan penerima beasiswa PKTPP, melihat kualitas dan reputasi pendidikan YPK sebagai salah satu sekolah unggulan di Bontang. Disamping misi program untuk merekatkan hubungan antara anak karyawan Pupuk Kaltim dengan anak bufferzone, agar terjadi interaksi, saling menengal dan menghilangkan disparitas. “Melalui program ini, penerima beasiswa bisa mendapat akses pendidikan terbaik tanpa perlu memikirkan biaya pendidikan yang semakin tinggi. Harapannya, generasi muda Bontang ke depan bisa terus mengukir prestasi yang membanggakan,” tutur Nur Sahid.

Ketua YPK Lola Karmila, mengapresiasi langkah Perusahaan yang mempercayakan pelaksanaan program beasiswa PKTPP kepada pihaknya. Menurut Lola, ini merupakan tahun ke-4 Pupuk Kaltim bekerjasama dengan YPK untuk pendidikan anak penerima beasiswa mulai jenjang SD dan SMP, sejak perdana dilaksanakan pertengahan 2016. “Total saat ini ada 50 murid penerima beasiswa, diantaranya tingkat SD 20 orang dan SMP 30 orang. Terima kasih kepada Pupuk Kaltim yang sudah memercayakan kami menjalankan program ini,” ucap Lola.

Source Beasiswa Pktpp Kembali Seleksi Calon Peserta Didik Tingkat Sd Hingga Sma

Leave A Reply

Your email address will not be published.