Batik Rizqi Collection Tasikmalaya Tembus Mancanegara

16

TASIKMALAYA, PERHUTANI (10/03/2015) | Batik Rizqi Collection Tasikmalaya milik Hj. Yuyun berkembang pesat karena bantuan pinjaman Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Perum Perhutani Tasikmalaya. PKBL merupakan program untuk meningkatkan perekonomian usaha kecil mitra binaan agar menjadi tangguh dan mandiri dalam mengembangkan usahanya. Perhutani Tasikmalaya mempunyai 290 mitra binaan.

“Berkat bantuan pinjaman PKBL, kini batik Rizqi dalam penjualannya mampu tembus kemancanegara seperti Malayasia, Singapura dan berbagai negara lainya, dengan harga jual mulai Rp 65.000/potong sampai Rp 4.250.000,/potong. Bahkan saat ini batiknya sudah mulai menjadi trend instansi pemerintahan dan beberapa sekolah di Kab/Kota Tasikmalaya dan wilayah priangan timur “ jelas Hj. Yuyun.

Batik produk Rizqi Collektion, merupakan batik khas Tasikmalaya yang kaya akan ragam bentuknya. Nuansa Parahyangan tergambar pada motif bunga anggrek dan burung merak, Adu Manis, Gambir Saketi, Belah Ketupat, Rereng Bilik, Awi Ngarambat, Burung Bertabur Bintang, Renville, Bunga Tulip, Merak Ngibing, Beton Tiga Dara, Lereng Sintung, Lereng Suligar Pacul, dll. Bahkan, daun kangkung dan sarang laba-laba pun dimodifikasi menjadi motif yang indah. Dengan Warna-warna cerah dan ceria seperti, oranye, merah, hijau, dan biru.

Dalam memproduksi batiknya, dibantu 30 orang pembatik, 12 orang penjahit, sedangkan yang melayani di showroomnya sebanyak 8 orang dan mampu menghasilkan 25 batik tulis halus dan 230 helai batik cap setiap bulannya.

“Batik tersebut dalam pengerjaannya dilakukan dengan dua cara yakni dengan teknik cetak dan teknik tulis (handmade),” tutur Hj Yuyun.

Untuk proses pembuatannya sebelum bahannya dibatik, kain harus melalui proses rendam dan bilas sebanyak 5 kali di dalam campuran air bersih, merang, dan minyak kacang tanah. Hal tersebut dilakukan untuk merapatkan serat kain sehingga kain lebih kuat dalam mengikat warna. Maka dengan proses tersebut, warna hasilnya batik dijamin awet dan tak mudah pudar tuturnya.

Bagi anda yang khususnya dari luar kota ingin mencari batik Rijqi Collektion, bisa langsung mendatanginya ke Jalan Cigeureung Kota Tasikmalaya tepatnya di kapung Cicariu No 82 RT 04 RW 09 Kel Nagarasari Kec Cipedes, jalur ini sangat mudah dicari karena berada di pusat kota Tasikmalaya. Selain itu, jika anda arahnya dari Jakarta dan Bandung bisa menggunakan jalur RE Marthadinata dan sesampainya di perempatan Mitrabatik tepatnya di Yogya Toserba, anda tinggal berbelok ke kiri. pungkas Hj. Yuyun.

Source Batik Rizqi Collection Tasikmalaya Tembus Mancanegara

Leave A Reply

Your email address will not be published.