Barata Raih Penghargaan Dari MURI

95

28 April 2017

Pada tanggal 26 April 2017, PT Barata Indonesia ( Persero) menerima penghargaan bergengsi dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Barata Indonesia berhasil masuk MURI atas prestasinya menyelesaikan dua unit Katup Pereduksi Energi dan Pengeluaran Air (Hollow Cone Valve ) terbesar di Indonesia dan dunia untuk saat ini. Proyek Hollow Cone Valve (HCV) tersebut merupakan proyek pesanan dari Kementerian PU PERA yang memiliki fungsi sebagai pengatur debit air dari bendungan ke bagian hilir. Penyelesaian HCV berdiameter 3850 milimeter ini menjadi bukti kompetensi PT Barata Indonesia (Persero) di bidang Hydromechanical.

Dua unit HCV buatan Barata ini merupakan pesanan PU Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) wilayah Citarum, Jawa Barata. HCV tersebut telah terpasang di Bendungan Juanda, Purwakarta dan digunakan di aliran sungai Citarum yang aliran airnya berasal dari tiga bendungan yakni Bendungan Saguling, yang kemudian dialirkan ke Bendungan Cirata dan akhirnya diteruskan ke Bendungan Juanda. Dua Unit HCV terbesar di Indonesia itu akan menggantikan HCV lama buatan perusahaan asal Italia, Calzony, yang dibuat pada 1962 dan dipasang pada 1968.

Silmy Karim, Direktur Utama PT Barata Indonesia (Persero) mengatakan

“Bagi Barata Indonesia pembuatan dua unit HCV tersebut semakin memperkuat posisi perusahaan sebagai salah satu pemain utama di bidang Mechanical Electric proyek-proyek Hydromechanical di Indonesia. Sekali lagi penekanan local content yang tinggi menjadi perhatian bagi Barata Indonesia untuk terus mendukung industri nasional,”

“Proses design serta fabrikasi dua unit HCV itu mengandung seratus persen local content ,yang dalam hal ini seratus persen sepenuhnya dilakukan oleh Barata, “ tambah Silmy

Keunikan tersebut membuat Kementerian PU PERA mendaftarkan HCV buatan Barata Indonesia ke Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai HCV terbesar yang dibuat oleh perusahaan lokal dan beroperasi di Indonesia. MURI pun memberikan penghargaan tersebut kepada Barata Indonesia sebagai perusahaan yang membuat HCV terbesar di Indonesia pada Pameran Peringatan Hari Air Sedunia 2017 yang di Lapangan Sapta Taruna Kementerian PU PERA Selain membuat dua unit HCV, Barata juga beberapa kali telah terlibat dalam proyek-proyek Hydromechanical, diantaranya proyek PLTMH Kayu Aro (2014), Uluwatu Radial Watergates (2013), PLTM Walesi (2012), Bendung Sembayat dan beberapa proyek Hydromechanial lainnya.

Source Barata Raih Penghargaan Dari MURI

Leave A Reply

Your email address will not be published.