‘Banyuwangi Ethno Carnival’ Berikan Peningkatan Jumlah Pengunjung di Lokasi Wisata Perhutani

14

BANYUWANGI SELATAN, PERHUTANI (29/07/2019) | Ajang spektakuler ‘Banyuwangi Ethno Carnival’ (BEC) yang merupakan agenda tahunan yang digelar di pusat kota Banyuwangi pada Sabtu (27/7) memberikan dampak peningkatan jumlah pengeunjung di loakasi wisata Perhutani.

Agenda tahunan tersebut membawa dampak positif terhadap minat pengunjung di seluruh lokasi wisata di Kabupaten Banyuwangi diantaranya wisata yang dikelola oleh Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyuwangi Selatan yakni di Pantai Pulau Merah, Djawatan dan Pantai Grajagan.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan BEC bukan sekedar kegiatan pariwisata, tetapi merupakan event untuk terus menghidupkan tradisi dan budaya lokal melalui cara yang dimengerti dunia dan juga wadah kreatifitas generasi muda Banyuwangi.

Dia menjelaskan dari sisi komersial, pariwisata menjadi pendongkrak ekonomi masyarakat sekitar, pengelola wisata, perhotelan dan pelaku bisnis lainnya. “Ini dibuktikan dengan peningkatan jumlah daftar kunjung wisatawan ke Banyuwangi dari 491 ribu orang naik menjadi 5,3 juta orang ditahun 2018, dan kunjungan wisman dari 5 ribu orang kini menjadi 120 ribu orang,” pungkas Anas.

Menanggapi hal tersebut Administratur Perhutani Banyuwangi Selatan Nur Budi Susatyo merasakan kebanggan dengan digelarnya berbagai agenda tahunan oleh oleh Pemerinah Kabupaten Banyuwangi.

“Seperti perhelatan Banyuwangi Festival (B-Fest) misalnya sangat yang berimplikasi meningkatnya kunjungan wisatawan di wilayah Perhutani, seperti destinasi wisata Pulomerah dan wisata Djawatan yang kini semakin dikenal dan menjadi tujuan wisatawan,” ucap Nur Budi.

“Setiap akan dihelat event seperti BEC ini seminggu sebelum dan sesudah event ini, terjadi peningkatan pengunjung pada destinasi wisata Pulomerah, Djawatan dan Grajagan,” terang Nur Budi.

Perhelatan BEC dihadiri Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Akhmad Muqowam, beberapa Kepala Daerah dari berbagai wilayah di tanah air dan dihadiri juga oleh perwakilan konsulat dari negara sahabat.

Source ‘Banyuwangi Ethno Carnival’ Berikan Peningkatan Jumlah Pengunjung di Lokasi Wisata Perhutani

Leave A Reply

Your email address will not be published.