Bantu Angkutan Mudik, Inka Kirim Satu Trainset

73

01 Juli 2016

PT Industri Kereta Api (Inka), mengirim satu trainset untuk dijadikan kereta api angkutan Lebaran oleh PT Kerata Api Indonesia (KAI). Satu trainset ini selesai dibuat dalam waktu dua bulan. Kamis 30 Juni 2016, Inka melakukan ujicoba sekaligus mengirim satu trainset K3 New Image, dari Stasiun Besar Madiun menuju Stasiun Manggarai Jakarta.

“K3 New Image ini merupakan kereta api ekonomi pesanan PT KAI,” kata Manajer Humas Inka, Fathor Rasid.

Menurut Rasid, kereta api ini sengaja dikebut untuk memenuhi kebutuhan angkutan Lebaran yang akan digunakan oleh PT KAI.

“Inka melakukan kontrak dengan PT KAI pada tanggal 25 April 2016, untuk menyelesaikan 5 trainset yang akan diselesaikan pada tahun 2016 ini, degan nilai kontrak Rp364,43 miliar,” ujar Rasid.

Sejak menandatangani kontrak dua bulan lalu, satu trainset sudah selesai dan akan diserahterimakan kepada PT KAI.

“Hari ini kereta api sedang menuju Stasiun Manggarai. Yang jelas belum hari ini penyerahannya kepada PT KAI,” ujar Rasid.

Satu trainset ini, terdiri dari 10 kereta penumpang dan satu kereta makan.

“Eksterior kereta api K3 New Image ini, mirip seperti K1 (kereta api eksekutif). Satu kereta api bisa memuat 80 penumpang. Jadi satu trainset bisa memuat 800 penumpang. Ini berarti PT KAI bisa mengangkut lebih banyak penumpang dalam satu trainset,” tutur Rasid.

Secara tidak langsung, lanjut Rasid, Inka jga telah membantu pemerintah dalam arus mudik ini, dengan menyelesaikan satu trainset dalam waktu dua bulan.

“Kita tidak tahu akan diberi nama apa oleh PT KAI kereta api tersebut. Itu wewenangnya PT KAI,” lanjut Rasid.

Semengtara itu, Supriyanto Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun, membenarkan adanya ujicoba dan pengiriman kereta api oleh Inka.

“Belum tahu kapan akan diserahterimakan kepada PT KAI,” ujar Supriyanto.

Source Bantu Angkutan Mudik, Inka Kirim Satu Trainset

Leave A Reply

Your email address will not be published.