Ayo Ngombe Kopi (Ngobrol Ben Kompak dan Serasi)!! (Bagian II)

12

Selasa, 30 Juni 2015 | Suatu dasar pedoman perilaku anggota perusahaan untuk berperilaku yang selaras/sama bagi Tujuan Perusahaan, Peserta Seluruh Pegawai di bagian / unit dengan berfokus untuk meningkatkan semangat kerja, internalisasi visi, misi, dan sasaran, dan tujuan perusahaan. Pelaksanaan kegiatan ritual ini bertujuan untuk membangun kerekatan, kebersamaan, pembangunan motivasi serta koordinasi kinerja singkat sebelum mengawali pekerjaan.

Kenapa Perlu Ngombe Kopi?

Ngombe Kopi perlu dilakukan secara terus-menerus untuk menginternalisasikan nilai-nilai perusahaan yang ada sehingga setiap pegawai tahu perilaku yang boleh dan yang tidak boleh dilakukan, serta mengerti tata nilai yang ada di PTPN X. Selain itu untuk meminimalkan Gap Informasi dan Komunikasi agar semua Kebijakan & Program Manajemen yang sudah sangat baik sampai di level akar rumput (grass root).

Ritual dan Pelaksanaan Ngombe Kopi Biasanya dilakukan selama 15 – 30 menit. Hari mulai Pukul 07.30-08.00 WIB berikut rincian kegiatan :

Pegawai berdiri dan membentuk lingkaran kecil Diawali dengan berdoa dan membaca renungan motivasi dan maknanya atau memutar film pendek tentang motivasi dibawakan oleh pimpinan atau pegawai yang ditunjuk 2-3 Menit Energizer/Role Play, membangun keceriaan pagi dengan games (contoh : senyum manis pagi hari) Internalisasi Ngombe Kopi, sharing dilakukan oleh semua pegawai saat itu.

Briefing Singkat, Koordinator Kinerja/pimpinan memberikan materi dan motivasi Sosialisasi Singkat, dibawakan oleh pimpinan atau pegawai yang ditunjuk Doa, sebelum memulai aktivitas Semangat Baru dan Harapan Baru, sebuah semangat yang digaungkan bersama dalam tim tersebut (Yel-Yel) Ritual ini dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing unit dalam berkomunikasi. Jangan lebih dari 30 menit karena akan kehilangan fokus. Untuk masalah pekerjaan secara detail, dilakukan di lain kesempatan.

Untuk pekerjaan detail yang perlu dibahas secara mendalam maka dikumpulkan beberapa orang yang bersangkutan dalam pekerjaan atau permasalahan itu dengan duduk bersama dan menyeruput secangkir kopi.

Kenapa harus NGOMBE KOPI?

Dikutip dari aktor dan produser film asal Australia Hugh Jackman “To me, the smell of fresh-made coffee is one of the greatest inventions.” Karena begitu kuatnya efek dari kopi menganggap minuman ini sebagai salah satu penemuan paling dahsyat dan bisa menjadi penggugah inspirasi. Bagi sebagian orang, minum kopi sambil menikmati camilan hangat di pagi hari bisa jadi saat yang penting.

Kesimpulan

Pada dasarnya strategi SDM berkaitan dengan tiga aktivitas SDM yaitu pengadaan, pemeliharaan, dan pengembangan. Strategi dan perencanaan SDM perlu didukung oleh nilai-nilai kreativitas, layanan continuous learning dan inovatif. Dalam mendukung strategi SDM dibutuhkan komunikasi yang efektif dan efisien dalam internal organisasi. Untuk meningkatkan efektivitas komunikasi dan kinerja dapat dilakukan dengan meningkatkan kepribadian masing-masing individu melalui persamaan persepsi,

Program Ngombe Kopi dapat memberikan efek yang positif dalam meningkat kinerja perusahaan dalam mencapai visi dan misi perusahaan. Komunikasi yang berjalan dengan baik akan mampu meningkatnya kinerja SDM dan mampu meningkatkan kualitas organisasi secara keseluruhan. Komunikasi yang berjalan dengan baik akan memberikan kepahaman yang sama antara pegawai satu dengan pegawai lainnya.

Source Ayo Ngombe Kopi (Ngobrol Ben Kompak dan Serasi)!! (Bagian II)

Leave A Reply

Your email address will not be published.