Ayo #Belaindonesiaku

85

Rabu, 19 Desember 2018 | Tepat pada hari ini, 19 Desember, 70 tahun silam, Mr. Syafrudin Prawiranegara, Menteri Kemakmuran Indonesia, mendeklarasikan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI). Upaya politik dan diplomasi ini terbukti mengatasi kekuatan militer penjajah, dan menunjukkan kepada dunia bahwa Republik Indonesia masih tetap berdiri tegak.

Penetapan peristiwa bersejarah ini merupakan penegasan bahwa bela negara tidak dapat hanya dilakukan dengan kekuatan fisik dan senjata semata. Namun harus dilakukan melalui beragam upaya dan profesi. Segenap aparatur negara, baik sipil maupun militer, yang tengah berjuang melakukan tugasnya di pelosok Tanah Air sesungguhnya tengah melakukan Bela Negara. Merekalah yang telah membuat Republik ini bisa tetap eksis untuk hadir melayani rakyatnya.

Untuk mewadahi hal tersebut, September lalu telah diterbitkan Inpres Nomor 7 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Bela Negara 2018-2019. Inpres ini menggenapi perwujudan amanat Bela Negara dalam UUD 1945 untuk mewujudkan Bela Negara sebagai Hak Asasi Manusia Bangsa Indonesia yang mengamanatkan agar segenap Bangsa Indonesia dengan segala kelebihan dan kekurangannya tetap dapat memberikan sumbangsihnya dalam Bela Negara.

Hari Bela Negara tahun ini diperingati dengan upacara yang dipimpin oleh Direktur Utama INTI Bapak Darman Mappangara. Kegiatan yang diadakan pada Rabu, 19 Desember 2018 ini juga dihadiri Direktur Keuangan Ibu Nilawati Djuanda dan Direktur Bisnis Bapak Teguh Adi Suryandono.

Source Ayo #Belaindonesiaku

Leave A Reply

Your email address will not be published.