Asippindo Targetkan Rp100 Triliun Untuk Penjaminan Kredit UMK

35

Jumat, 10 April 2015 | 11:35

Asosiasi Perusahaan Penjaminan Indonesia (Asippindo) menargetkan total nilai penjaminan kredit usaha mikro dan kecil mencapai Rp100 triliun. “Tahun ini Perum Jamkrindo (Penjaminan Kredit Indonesia) menargetkan Rp77 triliun dan dengan gabungan anggota Asippindo yaitu Jamkrida (Penjaminan Kredit Daerah), kami optimistis bisa (tercapai target Rp100 triliun),” kata Ketua Asippindo yang juga Jamkrindo Diding S Anwar di Denpasar

Diding menyatakan bahwa target penjaminan yang diberikan pada tahun 2015 itu melonjak dari target yang diraih pada tahun sebelumnya mencapai Rp42 triliun khusus untuk Jamkrindo saja. Sedangkan sisanya diharapkan didukung oleh anggota Asippindo di daerah dalam bentuk Jamkrida. Saat ini, lanjut Diding terdapat 19 perusahaan penjaminan yang bernaung dibawah Asippindo termasuk Jamkrindo dan Jamkrida.

Sementara itu untuk di Provinsi Bali PT Jamkrida Bali Mandara hinga akhir 2014 telah menyalurkan penjaminan kredit sebesar Rp1,7 triliun.Indra Putra, Direktur Jamkrida Bali Mandara mengatakan sebesar 60% dari total dana tersebut disalurkan kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah.

Kata Indra beberapa UMKM di Bali punya jaminan namun persyaratannya tidak sesuai dengan perbankan.”Misalnya akan meminjam sebesar Rp50 juta, namun dia hanya punya jaminan senilai Rp25 juta. Mereka tidak akan punya akses perbankan,” ujarya.

Dia menjelaskan, pihaknya telah kerjasama dengan perbankan yang ada di Bali, baik bank umum maupun LPD dan koperasi sehingga akhirnya akses tersebut bisa terbuka. Pihaknya optimis mendukung UMKM di Bali dapat terus tumbuh.Pertumbuhan jaminan di Bali cukup besar sekali. Dia menyatakan dari 2013 ke 2014 pertumbuhannya lebih dari 50%. Pada 2013 pihaknya menjamin sekitar Rp300 miliar dan pada 2014 sekitar Rp700 miliar.

Pertumbuhan besar tersebut karena pertumbuhan kredit yang rata-rata 15% hingga 20% keseluruhan keuangan di Bali, serta disebabkan pertumbuhan kerjasama Jamkrida Bali Mandara juga.”Untuk sasaran kami di 2015 ini, kami akan fokus pada BPR, LPD, dan koperasi serta kami harapkan pertumbuhannya akan signifikan di 2015 ini,” lanjutnya.

Source Asippindo Targetkan Rp100 Triliun Untuk Penjaminan Kredit UMK

Leave A Reply

Your email address will not be published.