Arus Mudik dan Balik di Pelabuhan Tanjung Wangi

24

30 Juni 2016

Banyuwangi – Kepadatan arus mudik di berbagai wilayah termasuk di wilayah Pelabuhan Tanjung Wangi mulai mengalami peningkatan yang cukup signifikan, hal ini tampak saat dilaksanakannya pemberangkatan perdana Angkutan Laut Mudik dan Balik Gratis rute Banyuwangi – Sapeken dan sebaliknya bertempat di Teminal Penumpang Tanjung Wangi, Rabu (29/06/2016).

Mudik dan Balik Gratis dengan Angkutan Laut Rute Banyuwangi – Sapeken (pulang pergi) merupakan Agenda Tahunan yang selalu diadakan Dinas Perhubungan dan LLAJ Provinsi Jawa Timur dengan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi serta didukung oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) adalah salah satu bentuk fasilitas pemerintah provinsi untuk memberikan Transportasi yang aman dan nyaman guna mendukung tradisi mudik dan balik gratis masyarakat dalam moment hari raya 1437 H.

“Tahun ini merupakan tahun ke-6 dilaksanakannya kegiatan Angkutan Mudik dan Balik Gratis Angkutan Laut Rute Banyuwangi – Sapeken” ujar Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Wangi, Ugan Sugiana dalam laporannya.

Ugan Sugianan juga menyampaikan bahwa Kegiatan Mudik Gratis ini akan dilayani oleh Kapal motor Prima Nusantara 01 yang merupakan Kapal kargo yang telah dimodifikasi untuk mengangkut penumpang dan dilengkapati dengan alat alat keselamatan serta telah mendapat ijin Dinas Perhubungan, telah tiba tgl 28 Juni 2016 kemarin,

“Petugas kami telah melaksanakan pengecekan terhadap Kapal motor Prima Nusantara 01, dan dilaporkan bahwa Kapal motor Prima Nusanatra 01 telah memenuhi aspek kelayakan kapal dan keselamatan berlayar.” Ungkapnya.

Angkutan Laut Mudik dan Balik Gratis ini akan melaksanakan Trayek melalui Pelabuhan Tanjung Wangi sebanyak 6 kali, Dimulai tgl 29 Juni, 1, 3, 6, 8 ,10 Juli 2016. Selain Angkutan Laut Mudik dan Balik Gratis rute Banyuwangi – Sapeken, adapula Angkutan Laut yang melalui Pelabuhan Tanjung Wangi yakni Kapal Perintis KM. Sabuk Nusanatara 56 dan KM Sabuk Nusantara 27. Kapal ini akan melayani arus mudik dengan rute Banyuwangi – Sapeken- Kangean –Sapudi – Kalianget – Masalembo- Surabaya PP.

Guna Mendukung kelancaran Arus Mudik dan Balik melalui Pelabuhan Tanjung Wangi, dalam hal ini PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) yang juga dikenal dengan Pelindo III telah melaksanakan sejumlah koordinasi dengan pihak penyelenggara terkait jumlah kapal, jadwal kedatangan yang akan digunakan selama kegiatan angkutan laut mudik dan balik, Pengaturan Embarkasi dan Debarkasi penumpang dengan menyediakan Posko Pelayanan dan Pos pendafataran peserta mudik, penyediaan fasilitas Ruang tunggu terminal penumpang termasuk penyediaan fasilitas umum pelengkapnya yakni toilet bersih, mushola serta ruang menyusui.

General Manager Pelindo III di Cabang Tanjung wangi saat ditemui di sela sela pembagian takjil kepada penumpang menyampaikan, bahwa setiap tahunnya Pelindo III ikut mendukung sekaligus memfasilitasi terselenggaranya Angkutan Laut Mudik dan Balik di sejumlah daerah termasuk melalui Pelabuhan Tanjung Wangi.

“Khusus untuk angkutan mudik dan balik gratis, Pelindo III telah memberikan bantuan dengan membebaskan jasa tambat kapal.” Ungkap Bangun.

“Selain Jasa kapal serta fasilitas pelayanan, Pelindo III juga menyediakan takjil gratis yang dibagikan kepada peserta mudik dan balik gratis melalui Pelabuhan Tanjung Wangi” imbuhnya.

Bangun berharap, kegiatan mudik melalui Pelabuhan Tanjung Wangi dapat terselenggara dengan tertib, aman dan lancar.

“Jadwal trayek angkutan laut ini telah terjadwal dengan baik, namum apabila terdapat kendala perubahan cuaca, pastinya jadwal dapat berubah sewaktu – waktu sesuai arahan dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Wangi dengan memperhatikan rekomendasi dari BMKG, pastinya hal ini demi menjamin keselamatan penumpang.” Jelas Bangun.

Source Arus Mudik dan Balik di Pelabuhan Tanjung Wangi

Leave A Reply

Your email address will not be published.