Arus Balik Penumpang Melonjak

20

10 Juni 2019 | Arus balik penumpang di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Kota Tanjungpinang meningkat tajam. Jumlah penumpang yang tiba di Pelabuhan Sri Bintan Pura mencapai 8.055 orang, sedangkan yang berangkat 7.700 orang, kemarin.

General Manager PT Pelindo I Kota Tanjungpinang Arif Indra Perdana mengatakan, jumlah penumpang yang tiba di Pelabuhan SBP Tanjungpinang berlayar dari Batam, Karimun, Selat Panjang, dan Buton, Riau. Paling banyak penumpang berlayar ke Batam. Sementara Pelabuhan Internasional SBP Tanjungpinang berlayar dari Malaysia dan Singapura. “Jumlah penumpang dalam negeri sebanyak 6.574 orang, sedangkan luar negeri 1.481 orang,” ujarnya, kemarin.

Arif menambahkan jumlah penumpang yang berlayar ke Batam, Karimun, Selat Panjang, dan Buton, Riau mencapai 6.817 orang. Sementara jumlah penumpang yang berlayar ke Malaysia dan Singapura melalui Pelabuhan Internasional SBP Tanjungpinang hanya 883 orang.

Total jumlah penumpang yang tiba di Pelabuhan SBP pada 29 Mei sampai 7 Juni 2019 sebanyak 67.980 orang, sedangkan penumpang berangkat mencapai 68.970 orang. “Jumlah penumpang kapal rute Batam-Tanjungpinang atau sebaliknya pada hari kedua Lebaran sebanyak 6.237 orang, sementara sehari sebelumnya hanya 3.358 orang. Ada kenaikan 100 persen. Hari kedua Lebaran ditambah satu kapal untuk ekstra pelayaran. Feri berlayar dari Tanjungpinang menuju Batam pukul 18.00 WIB,” ujarnya.

Kepala Seksi Keselamatan Beralayar Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang A Martawilata menambahkan, selama proses arus mudik dan arus balik lebaran tidak ada kendala serius yang dihadapi di Pelabuhan SBP. Meski pun selama lebaran ini terjadi cuaca ekstrem. KSOP Tanjungpinang terus memastikan pelayaran di Tanjungpinang tetap berjalan aman dan lancar. “Hambatan cuaca tidak ada, kapal masih bisa diberangkatkan. Kita tetap meminta kepada nahkoda supaya mengutamakan keselamatan berlayar. Selama ini tidak ada over kapasitas kapal. Tetap sesuai dengan kapasitas kapal yang diberangkatkan,” ujar Martawilata.

Kapolsek Kepolisian Kawasan Pelabuhan Polres Tanjungpinang Kompol Zulkifli mengatakan, pengamanan maksimal mungkin diberikan kepada masyarakat mulai dari arus mudik sampai arus balik lebaran. Ia menegaskan selama Operasi Ketupat Seligi 2019 berjalan aman dan lancar. “Pengamanan ada personel gabungan dan Patroli Engku Putri Polres Tanjungpinang. Sejauh ini tidak ada ditemukan kendala,” ujar Zulkifli.

Zulkifli mengajak kepada seluruh pemudik selama arus balik untuk memperhatikan keselamatan penumpang. Terutama bagi orang tua yang membawa anak agar memperhatikan anaknya. Kemudian, pemudik dianjurkan tidak membeli tiket kepada calo, lebih baik kepada agen resmi pelayaran. Pihaknya juga meminta kepada peara pelaku jasa armada agar menyediakan armada yang cukup selama arus balik. “Kalau bawa anak supaya dijaga jangan sampai hilang dan jatuh ke laut. Hindari orang yang berpura-pura baik, supaya jangan sampai jadi korban hipnotis. Kita juga meminta penyedian kapal ekstra,” katanya.

Source Arus Balik Penumpang Melonjak

Leave A Reply

Your email address will not be published.