Inovasi Pertamina Bisa Jadi Role Model

49

15 Maret 2018 — Ajang penghargaan inovasi PT Pertamina (Persero) menetapkan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) sebagai pemenang Best of The Best. Pada Annual Pertamina Quality (APQ) Awards dan Forum Presentasi Continuous Improvement Program (CIP) 2018 ini, anak perusahaan di sektor hulu tersebut berhasil menyabet 5 kategori penghargaan.

Chairman APQ 2018, Annisrul Waqie mengatakan penghargaan Best of The Best kepada PHE karena beberapa inovasinya mampu meraih 5 dari 16 kategori penghargaan mengalahkan 140 karya inovasi yang diperlombakan. Kelima penghargaan yang diperoleh yakni The Best Continuous Performance Improvement, The Best Project Collaboration improvement, The Best Functional Team Improvement, The Best Individual Improvement dan The Best Innovation Expo.

Salah satu temuan PHE yang cukup mengagumkan adalah PC Prove KISS yakni sebuat alat “Jam Cerdas” pendekteksian dan response kebocoran minyak pada clamp.  Inovasi tersebut mampu meningkatkan keakurasian deteksi kebocoran pada clamp pipa kondesat, dari sebelumnya 7 hari menjadi 30 detik.

“Inovasi ini mampu menghemat Rp 1,5 miliar per tahun serta mencegah kehilangan pendapatan kondensat sebesar Rp 635 juta/tahun,” kata Annisrul.

Melalui kompetisi inovasi ini, sambungnya, Pertamina  terus mendorong pekerja untuk terus melakukan inovasi di semua lini bisnis dan anak perusahaan.  Dengan program ini, terbukti dari tahun ke tahun Pertamina  dapat melakukan penghematan secara signifikan.

Inovasi dari insan mutu Pertamina yang dihadirkan dalam APQ Award terus meningkat. Tercatat selama tahun 2017, telah dihasilkan 3.051 risalah CIP dengan total perolehan value creation sebesar Rp 39.79 Triliun atau meningkat 53.7% dari tahun 2016.

“Keberhasilan ini tentu sangat membanggakan kita semua, sekaligus menunjukkan bahwa kegiatan inovasi di perusahaan ini terus maju dan berkembang. Hal ini tentunya perlu dijaga dan ditingkatkan, yang salah satunya dengan menjadikan hasil inovasi sebagai aset pengetahuan perusahaan, termasuk paten perusahaan,”ujar Annisrul dalam acara penutupan APQ 2018.

Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno yang hadir dalam penutupan APQ Award 2018 menyatakan Kementerian BUMN mendukung kegiatan inovasi yang dilakukan insan Pertamina. Berbagai inovasi harus ditindaklanjuti dan  diimplementasikan di bisnis Pertamina.

“Pertamina harus menjadi role model dalam hal inovasi sehingga bisa terlihat hasilnya dalam efisiensi di semua lini bisnis dan bisa menjadi contoh bagi BUMN lainnya,” ujar Fajar.

Menurut Fajar, dengan banyaknya inovasi yang dihasilkan,  Pertamina diharapkan dapat melakukan perogram quality manajement yang lebih baik. “Para pemenang juga diharapkan dapat  meningkatkan prestasi dan menjadi contoh bagi pegawai lainnya,” imbuh Fajar.

Rangkaian acara APQ 2018 yang menampilkan 140 hasil CIP (Continuous Improvement Program / Program Perbaikan Berkelanjutan) temuan pekerja Pertamina dari berbagai Unit Bisnis/Unit Operasi/Region dan Anak Perusahaan Pertamina dan lolos di tingkat korporat telah berakhir. APQ Awards merupakan wadah apresiasi bagi kegiatan perbaikan dan kualitas  kerja melalui inovasi yang berkelanjutan di seluruh lini bisnis dan anak perusahaan.

Source Inovasi Pertamina Bisa Jadi Role Model

Leave A Reply

Your email address will not be published.