AP II Uji Coba Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta

62

02 Juni 2016

Jakarta – PT Angkasa Pura (AP) II mulai menguji coba secara formal Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang pada 1 Juni 2016. Tahap uji coba tersebut terus berlanjut sampai dengan jadwal pengoperasian komersial penuh terminal senilai lebih dari Rp 5 triliun itu, yakni pada 15 Juni 2016. Direktur Utama AP II Budi Karya Sumadi mengungkapkan, pada 26 Mei 2016, pihaknya bersama Garuda Indonesia sudah melaksanakan peninjauan guna persiapan uji coba terminal berkapasitas 25 juta penumpang per tahun. Dalam kesempatan itu, kedua pihak akhirnya sepakat memulai uji coba sampai dengan nanti beroperasi komersial penuh.

“Sedang kami finalisasi untuk Terminal 3 Ultimate ini. Seperti rencana besok, Garuda mulai uji coba (pelayanan di terminal) yang kami harapkan hasilnya tentu baik. Kami masih punya waktu 15 hari untuk pembenahan beberapa aspek agar sempurna,” kata Budi di Jakarta, Selasa (31/5).

Selain uji coba dengan Garuda, AP II juga berkoordinasi intens dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk pemenuhan standar atas pengoperasian Terminal 3 Ultimate. Menurut dia, Direktorat Keamanan Bandara sudah meninjau fasilitas keamanan di terminal tersebut.

“Nanti juga dijadwalkan Direktorat Bandar Udara akan datang. Kami minta supervisi sebaik-baiknya dari regulator,” imbuh Budi.

Lebih lanjut, ujar dia, saat ini belum ada penentuan passenger service charge (PSC) untuk Terminal 3 Ultimate. Akan tetapi, besaran tarif yang dikenakan kepada penumpang itu tengah ditinjau oleh Kemenhub untuk nanti dilegalisasi.

“Saat ini, belum turun PSC-nya. Kami masih menunggu persetujuan terlebih dulu,” papar Budi.

Dia menjelaskan, pada kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu ke prasarana itu, Kepala Negara mengapresiasi pembangunan Terminal 3 Ultimate. Budi mengatakan, Presiden menilai terminal ini megah dan meminta  untuk dapat dioperasikan sebelum Lebaran 2016.

“Presiden juga mengharuskan kami untuk mulai membangun yang lain, ada yang namanya runway ketiga dan Terminal 4. Presiden ingin Lebaran ada yang berubah jadi sebelum Lebaran kami sudah gunakan Terminal 3 Ultimate untuk prasarana transportasi udara. Menteri BUMN Ibu Rini juga menyambut baik apa yang kami sudah laksanakan ini,” ujar Budi.

Panggung Budaya Lebih jauh, Budi mengungkapkan, pihaknya hendak menjadikan Terminal 3 Ultimate sebagai juga panggung budaya Bangsa Indonesia. Pasalnya, bandara adalah beranda negeri ini sehingga perlu untuk mencerminkan identitas bangsa.

“Soekarno Hatta adalah beranda Indonesia yang memungkinkan tamu negara melihat,” sebut dia.

Oleh karena itu, sambung Budi, perseroannya sudah menyiapkan sejumlah karya seni, baik tradisional maupun kontemporer, guna dipajang sebagai ornamen di terminal baru. Terdapat total tujuh karya seni permanen dan tiga karya nonpermanent berbagai jenis yang disiapkan.

Source AP II Uji Coba Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta

Leave A Reply

Your email address will not be published.