AP II Tampilkan Karya Seni di Terminal 3 Ultimate

40

10 Juni 2016

Jakarta – PT Angkasa Pura (AP) II akan menampil karya seni dari sejumlah seniman terkenal guna menghiasi Terminal 3 Ultimate Soekarno Hatta, Tangerang. Direktur Utama PT AP II (Persero), Budi Karya Sumadi, mengatakan sejumlah karya seni yang yang akan berada di area Bandara Internasional Soekarno-Hatta, di antaranya Penjor, karya seni Seulawah, replika pesawat 45 dengan corak khas Indonesia, dan patung Garuda. Karya-karya tersebut melengkapi karya yang telah ada sebelumnya yakni Patung Soekarno-Hatta dan Prasati.

“Patung Garuda setinggi 18 meter yang berdiri megah karya seniman I Nyoman Nuarta akan diletakkan di area depan seakan menyambut tamu ketika datang dan melepas tamu ketika pergi meninggalkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta,” kata Budi di Jakarta, Kamis (9/6).

Ia menambahkan bersama dengan Patung Soekarno-Hatta, Patung Garuda akan menjadi ikon bagi Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Sebagai suatu beranda Indonesia, pihaknya akan mengoptimalkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjadi layaknya galeri seni yang menampilkan karya-karya seniman Indonesia. Menurut Budi, karya seni dan pertunjukan seni juga akan ditampilkan di Terminal 3 yang setelah mendapat izin Kementrian Perhubungan akan mulai beroperasi pada 20 Juni 2016.

“Terminal internasional ini akan menjadi semacam panggung budaya, guna memperkenalkan karya dan pertunjukkan seni Indonesia kepada masyarakat dunia,” katanya.

Di Terminal 3, kata Budi sejumlah seniman akan menampilkan karyanya antara lain Sardono W Kusumo, Eko Nugroho, Angki Purbandono, Edi Prabandono, Nus Salomo, Pintor Sirait, Ichwan Noor, Awan Simatupang, Galam Zulkifli, Nasirun, Indie Gurillas, serta Tromarama. Teknologi Modern Sementara itu, Direktur Pelayanan PT AP II, Ituk Herarindri juga mengatakan tidak hanya menampilkan karya seni, Terminal 3 juga dilengkapi sejumlah teknologi terkini guna meningkatkan daya saing Bandara Internasional Soekarno- Hatta agar dapat lebih baik dari Bandara Internasional Kuala Lumpur di Malaysia, Bandara Suvarnabhumi di Thailand, bahkan Bandara Changi di Singapura.

“Beberapa teknologi modern yang ada di Terminal 3 adalah BHS Level 5 yang bisa mendeteksi bahan peledak atau bom, ASS atau Airport security system yang berfungsi layaknya intelejen, Fully IBMS atau Intelligence Building Management System, Rain Water System, Recycle Water System, Sistem penerangan dengan teknologi yang menyesuaikan kondisi cuaca,” katanya.

Source AP II Tampilkan Karya Seni di Terminal 3 Ultimate

Leave A Reply

Your email address will not be published.