AP I Gandeng Sucofindo Kembangkan Fasilitas Bandara

21

24 November 2016 — Nota kesepahaman ini merupakan usaha untuk menyinergikan sumber daya perusahaan serta potensi yang dimiliki kedua perusahaan, sehingga kinerja dan target perusahaan meningkat dan menjadi lebih berkembang.

PT Angkasa Pura (AP) I dan PT Sucofindo bersinergi dalam rangka peningkatan kinerja dan pengembangan bisnis di sektor perencanaan dan desain fasilitas bandara, pelaksanaan konstruksi, dan kegiatan operasional kebandaraan.

Kerja sama tersebut tertuang dalam nota kesepahaman yang ditandatangani oleh Direktur Utama AP I Danang S Baskoro dan Direktur Utama Sucofindo Bachder Djohan Buddin, di Jakarta, Selasa (22/11).

Kerja sama tersebut meliputi kegiatan konstruksi, antara lain project monitoring, monitoring dan verifikasi tingkat komponen dalam negeri (TKDN), verifikasi harga material, konsultasi lingkungan, jasa survey bawah tanah dan permukaan tanah, pengawasan konstruksi dan instalasi. Adapun kerja sama di bidang kegiatan operasional kebandaraan di antaranya inventarisasi dan optimalisasi aset, konsultansi dan pelatihan SMK3, audit energi dan bangunan.

“Nota kesepahaman ini merupakan usaha untuk menyinergikan sumber daya perusahaan serta potensi yang dimiliki kedua perusahaan, sehingga kinerja dan target perusahaan meningkat dan menjadi lebih berkembang. Kerja sama dengan AP I ini diharapkan dapat terus dikembangkan dan ditingkatkan demi kepentingan bangsa,” ujar Bachder, Rabu (23/11).

Dia menambahkan, kerja sama ini juga terkait dengan kegiatan infrastructure and regional planning yang meliputi regional development, transportation infrastructure, telco & utility network, water & natural resources, pengujian terkait lingkungan, uji tanpa rusak (NDT), pengujian beton, pengujian BBM, dan pengujian lainnya, sehingga memberikan keuntungan dan nilai tambah bagi dua BUMN itu.

Sementara itu, Danang S Baskoro menyatakan, kerja sama ini merupakan komitmen perseroan untuk meningkatkan peran antar-BUMN guna meningkatkan keunggulan operasional dan layanan perusahaan sekaligus memberikan manfaat bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Di samping dengan Sucofindo, AP I bekerja sama dengan tiga BUMN lainnya, yakni PT Surveyor Indonesia, PT Virama Karya, dan PT Danareksa Sekuritas. Setiap perusahaan akan berkontribusi sesuai dengan kompetensi bisnis yang dimiliki untuk mendukung oprasional perusahaan.

“Selain itu, sinergi antar-BUMN ini akan dapat mengoptimalkan kinerja kelima BUMN dan diharapkan dapat menjadi model pengembangan sinergi BUMN lainnya,” jelas Danang.

Lebih lanjut Bachder mengatakan, nota kesepahaman antara AP I dan Sucofindo merupakan bentuk implementasi sinergi BUMN serta dasar untuk merumuskan kerja sama untuk peningkatan kinerja dan pengembangan bisnis.

“Sucofindo telah berpengalaman selama 60 tahun menangani kegiatan inspeksi, pengujian, serta pelatihan dan sertifikasi. Tidak hanya itu, kami telah mengembangkan jasa konsultansi untuk infrastruktur kebandaraan,” papar dia.

Source AP I Gandeng Sucofindo Kembangkan Fasilitas Bandara

Leave A Reply

Your email address will not be published.