Antusias Sopir Angkot Terminal Mardika Ambon Saat Ikut Sosialisasi

50

20 November 2017, Humas Maluku — PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Maluku menggelar sosialsiasi kepastian jaminan kecelakaan bagi Supir dan penumpang angkutan umum di Terminal Mardika Ambon, Sabtu (18/11/2017).

Sosialisasi tersebut diikuti puluhan supir angkutan kota yang ada di terminal tersebut. Sosialisasi itu sengaja digelar agar para sopir dapat mengetahui hak dan kewajibannya untuk memperoleh santunan kecelakaan dari Jasa Raharja selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang diberi amanah oleh undang-undang.

Kepala Jasa Raharja Cabang Maluku, Marganti Sitinjak saat memberikan sosialiasi menjelaskan PT Jasa Raharja sebagai perusahan Negara telah diberikan kewenangan oleh undang-undang untuk memberikan santunan bagi para korban kecelakaan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Kewenangan Jasa Raharja tertuang dalam Undnag-undang nomor 33 tahun 1964 tentang dana pertanggungan wajib kecelakaan penumpang dan Undnag-undang nomor 34 tahun 1964 tentang dana kecelakaan lalu lintas jalan.

“Sebagai perusahan Negara yang diberikan kewenangan oleh Undnag-undang maka Jasa Raharja berkewajiban memberikan santunan kepada korban kecelakaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,”paparnya.

Kacab mengungkapkan untuk mendapatkan santunan dari Jasa Raharja maka setiap korban kecelakaan perlu memenuhi sejumlah syarat salah satunya adalah mendapatkan laporan kecelakaan dari pihak kepolisian. Menurutnya laporan kepolisian menjadi salah satu syarat utama untuk memperoleh santunan.

“Karena kita akan memproses santunan itu jika ada laporan dari pihak kepolisian, sehingga itu sangat penting sekali,”katanya.

Sejauh ini kata dia Jasa Raharja Maluku terus berbenah untuk memberikan pelayanan secara cepat dan maksimal kepada masyarakat dalam pengurusan santunan. Untuk mempermudah hal itu, Jasa Raharja juga telah bekerjasama dengan polisi melalui program IRSMS.

Beberapa Pertanyaan yang diberikan saat itu yakni, tentang berapa besar santunan yang diberikan bagi korban kematian akibat kecelakaan. Dan apa kepanjangan dari SWDKLLJ yang tertera dibagian belakang STNK.
“Kuis berhadiah itu diberikan semata untuk merangsang semangat mereka dalam mendegar, menyimak dan mengikuti kegiatan ini. Sehingga mereka bisa memahami tertibnya berlalu lintas guna mencegah angka kecelakaan di jalan raya,”jelas Sitinjak.

Kegiatan ini tidak hanya dilakukan di terminal angkot saja, namun secara bergantian dilakukan juga di pelabuhan seperti pelabuhan spead boat, dan kapal ferry yang ada di Kota Ambon.

Source Antusias Sopir Angkot Terminal Mardika Ambon Saat Ikut Sosialisasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.