Antisipasi Kebakaran Hutan, Perhutani Ciamis Gelar Apel Siaga Dalkarhutla Bersama Stakeholder

17

CIAMIS, PERHUTANI (02/08/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Ciamis menggelar apel siaga Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Dalkarhutla), Kamis (01/08). Kegiatan ini dilaksanakan di petak 51a Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Gadung, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Banjar Utara KPH Ciamis.

Kegiatan ini melibatkan Polresta Banjar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar, Batalyon Infanteri Raider 323/Buaya Putih, Koramil Purwaharja, masyarakat Desa Hutan, tokoh masyarakat dan stakeholder lainnya.

Musim kemarau ini menyebabkan rawan kebakaran terutama di kawasan hutan. Kawasan hutan Perhutani Ciamis seluas 29 ribu hektar, beberapa lokasinya berada di zona merah rawan kebakaran. Maka antisipasi sangat perlu dilaksanakan. Dalam apel gabungan Dalkarhutla ini Perhutani melibatkan ratusan personil gabungan agar lebih sigap apabila terjadi kebakaran.

Administratur KPH Ciamis, Agus Mashudi mengatakan kegiatan apel siaga Dalkarhutla ini dilaksanakan untuk melatih kesiapan personil agar semua pihak memiliki kemampuan dasar dalam menanggulangi saat terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Selain membentuk pasukan khusus dalam menanggulangi kebakaran hutan, Perhutani juga telah membentuk gabungan 120 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang siap membantu mengantisipasi apabila terjadi kebakaran hutan.

Agus juga menambahkan kebakaran bisa terjadi selain dari faktor cuaca, keteledoran, maupun tangan-tangan jahil manusia. Untuk itu sebelum hal tersebut terjadi dilakukan berbagai macam persiapan, dari mulai apel gabungan, posko siaga bencana, pemasangan papan peringatan, dan pembinaan ke masyarakat khususnya yang ada di sekitar hutan, sehingga saat kebakaran benar-benar terjadi semua pihak sudah memiliki dasar pengetahuan tentang apa yang harus dilakukan.

“Kami mengajak kepada semua pihak untuk mencegah terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan, karena ini merupakan tanggung jawab kita bersama,” ujar Agus.

Ketua LMDH Ajisaka, Saman mengatakan dengan dilaksanakannya apel siaga Dalkarhutla ini sangat positif terutama bagi masyarakat sekitar hutan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kepedulian terhadap bahaya terjadinya kebakaran hutan baik yang ada di kawasan Perhutani maupun di luar kawasan.

”Kami siap kapanpun menyatukan langkah dengan Perhutani apabila suatu waktu terjadi bencana kebakaran hutan, khususnya yang terjadi di Kota Banjar ini,” pungkasnya.

Source Antisipasi Kebakaran Hutan, Perhutani Ciamis Gelar Apel Siaga Dalkarhutla Bersama Stakeholder

Leave A Reply

Your email address will not be published.