Antisipasi Kebakaran Hutan, Perhutani Blitar Ajak Peran Serta Masyarakat

18

BLITAR, PERHUTANI (18/17/7/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Blitar menggelar apel siaga pencegahan kebakaran hutan dan lahan yang dilaksanakan di Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Sumberingin, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Rejotangan pada Rabu (17/7).

Kegiatan tersebut diikuti sekitar 155 peserta dengan melibatkan personel Polhut Perhutani, TNI, Polri, 5 orang mahasiswa Universitas Kehutanan Jambi, 30 orang perwakilan dari lima Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) diwilayah RPH Sumberingin dan masyarakat di sekitar hutan.

Dalam apel tersebut juga dilakukan praktek dan pembekalan tata cara memadamkan api dengan tetap mengutamakan keselamatan jika terjadi kebakaran hutan dan lahan. Terutama di wilayah Perhutani KPH Blitar yang meliputi wilayah Kabupaten Malang, Blitar dan Kabupaten Tulungagung.

Dalam sambutanya Administratur Perhutani KPH Blitar Aries Indra Supartha menyampaikan ucapan terimakasih kepada instansi serta stakeholder terkait yang selama ini telah bekerjasama membangun hutan menjadi lestari.

Menurut dia kegiatan ini dalam rangka mencegah dan mengendalikan kebakaran hutan khususnya dikawasan hutan Perhutani KPH Blitar.

Ketua LMDH Wono Tani Manunggal, Muaji menyampaikan pihaknya sangat senang diikut sertakan dalam kegiatan Apel siaga kebakaran hutan dan Lahan ini, agar nantinya seluruh anggota LMDH yang dipimpinya dapat memahami, dan menjaga hutan agar aman.

Dalam apel siaga itu dipertunjukkan simulasi pembuatan ilaran dan pemadaman kebakaran hutan oleh petugas polisi hutan dibantu berbagai elemen masyarakat dengan menggunakan berbagai macam alat, dari mulai alat sederhana sampai dengan alat modern.

Source Antisipasi Kebakaran Hutan, Perhutani Blitar Ajak Peran Serta Masyarakat

Leave A Reply

Your email address will not be published.