Antisipasi Bencana Alam Perhutani Ciamis Lakukan Pelatihan SAR

16

CIAMIS, PERHUTANI (27/12/2015) | Dalam upaya melakukan antisipasi penanggulangan bencana alam, Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Ciamis bekerjasama dengan Landasan Udara (Lanud) Wiriadinata Tasikmalaya melakukan pelatihan Search And Rescue (SAR) di Petak 68 dan 69 Blok Karang Nini Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Pangandaran.

Latihan SAR yang dilaksanakan selama dua hari ini diikuti oleh Tim Satuan Tugas (Satgas) Pengendalian Bencana Alam Perum Perhutani KPH Ciamis, Anggota Lanud Wiriadinata, Tagana, BPBD, PMI Kabupaten Pangandaran dan BNPB Kabupaten Pangandaran.
Administratur Perum Perhutani KPH Ciamis, Bambang Juriyanto mengatakan bahwa tujuan diadakan pelatihan SAR ini untuk melatih dan meningkatkan kemampuan Tim Satgas Pengendalian Bencana Alam Perum Perhutani KPH Ciamis agar mempunyai keahlian dalam melakukan SAR apabila sewaktu-waktu terjadi bencana alam, sehingga sesegera mungkin mendapat pertolongan.

Komandan Lanud Wiriadinata, Letkol Pnb Rony Armanto mengatakan bahwa pelatihan SAR dimaksudkan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan fisik serta mental peserta, sehingga diharapkan mampu bergerak dengan cepat apabila terjadi suatu musibah.

Ada beberapa materi pada pelatihan SAR ini diantaranya, membaca kompas, membaca peta, teknik merakit perahu karet, penyebrangan basah, pionering, survival, dan perjalanan dengan medan yang sulit dilalui disertai dengan halang rintang turun tebing serta teknik mengevakuasi korban baik di darat maupun di air, ungkap Roni.

Source Antisipasi Bencana Alam Perhutani Ciamis Lakukan Pelatihan SAR

Leave A Reply

Your email address will not be published.