ANTAM Torehkan Capaian Produksi dan Penjualan Feronikel Tertinggi Sepanjang Sejarah Perusahaan

16

Jakarta, 30 Januari 2017 – PT ANTAM (Persero) Tbk (ASX -ATM; IDX – ANTM; ANTAM) mengumumkan bahwa Perusahaan telah menorehkan capaian produksi dan penjualan feronikel tertinggi sepanjang sejarah Perusahaan untuk kinerja tahun 2016. Pada tahun 2016, ANTAM mencatatkan produksi feronikel sebesar 20.293 ton nikel dalam feronikel (TNi), sementara penjualan feronikel tercatat sebesar 20.888 TNi.

Direktur Utama ANTAM Tedy Badrujaman mengatakan:

” Capaian produksi dan penjualan feronikel terbesar sepanjang sejarah Perusahaan menjadi landasan yang solid bagi kami untuk terus melakukan ekspansi komoditas hilir nikel. Selain nikel, ANTAM juga terus berupaya meningkatkan pertumbuhan komoditas utama lainnya yakni emas dan bauksit. Kami percaya fundamental Perusahaan akan semakin solid di tahun 2017 dengan ditopang peningkatan kinerja operasi, upaya penghematan biaya serta inovasi dalam penciptaan nilai. “

Sepanjang tahun 2016, volume produksi feronikel tercatat sebesar 20.293 ton TNi, naik 18% jika dibandingkan volume produksi tahun 2015 sebesar 17.211 TNi. Sementara volume penjualan feronikel di 2016 tercatat sebesar 20.888 TNi atau naik 12% dibandingkan penjualan tahun 2015 sebesar 18.643 TNi. Peningkatan volume produksi feronikel ini didukung dengan telah selesainya keseluruhan paket Proyek Perluasan Pabrik Feronikel Pomalaa (P3FP) serta selesainya perbaikan trafo pada pada pabrik FeNi II yang telah kembali dioperasikan pada bulan Mei 2016. Untuk komoditas emas, di 2016 ANTAM mencatatkan volume produksi emas dari tambang Pongkor dan Cibaliung sebesar 2.208 kg dengan volume penjualan emas sebesar 10.227 kg.

ANTAM berupaya untuk mengoptimalkan penjualan emas dengan melakukan berbagai inovasi, salah satunya dengan pengembangan produk perhiasan yang dipadukan dengan emas batangan motif batik. Dalam hal pasar emas, ANTAM juga terus berupaya untuk meningkatkan jangkauan pemasaran di dalam dan luar negeri. Untuk pasar ekspor, ANTAM tengah melakukan penjajakan ke beberapa pasar di Asia dan Afrika. Sementara untuk pasar dalam negeri ANTAM telah menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan Pos Indonesia untuk memanfaatkan 109 Kantor Pos di Jawa, Bali, Madura, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur sebagai mitra penyedia fasilitas penjualan, pembayaran dan distribusi produk logam mulia.

Sementara untuk mendukung peningkatan cadangan dan sumber daya emas, ANTAM telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral untuk bekerjasama dalam kegiatan penyelidikan dan pengembangan teknologi eksplorasi di bidang geologi khususnya terkait sumber daya mineral logam khususnya emas. Selain itu, ANTAM juga telah memasuki sebuah aliansi strategis dengan Newcrest Mining Limited untuk melakukan eksplorasi emas dan deposit tembaga di beberapa wilayah di Indonesia yakni Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Nusa Tenggara, Sulawesi Utara, Halmahera dan Kepulauan Maluku.

Source ANTAM Torehkan Capaian Produksi dan Penjualan Feronikel Tertinggi Sepanjang Sejarah Perusahaan

Leave A Reply

Your email address will not be published.